oleh

Jelang Sensus Pertanian Tahun Depan, BPS Mappi Gelar Pelatihan

Mappi-Suryapapua.com– Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mappi menggelar pelatihan kerangka geospasial  dan muatan wilkerstart ST 2023 selama dua hari di salah satu hotel di Kota Keppi.

Kegiatan yang berlangsung Senin (21/2) itu, tetap dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Kepala BPS Kabupaten Mappi, Geressida Sihombing  yang diwakili Kasubag.Umum BPS setempat, Oky Dewiyanti meminta kepada peserta agar dapat memanfaatkan waktu belajar dengan baik serta menjaga kesehatan pula.

“Kenapa saya sampaikan demikian, karena pentingnya kegiatan itu  untuk mendukung pelaksanaan sensus pertanian 2023 dalam pemetaan wilayah kerja statistik, pelatihan pemutahiran kerangka geospasial dan muatan wilkerstat,” ungkapnya.

Sementara Instruktur Daerah, Pradipta Pinastika Wibowo  ketika menyampaikan konsep dan definisi pelatihan  menjelaskan, kegiatan ini menyiapkan kerangka geospasial dan muatan wilkerstat sensus pertanian 2023 yang mutahir.

Sekaligus sebagai pengembangan statistik spacial frame work atau jembatan integrasi informasi statistik dan geospasial. Juga meningkatkan kualitas dan kuantitas ketersedian induk wilkertat sebagai dasar pelaksanaan sensus pertanian tahun depan.

Geospasial, menurutnya,  adalah aspek keruangan yang menunjukan lokasi, letak dan posisi suatu objek atau kejadian yang  berada dibawah atau di atas permukaan bumi setelah dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.

Ditambahkan, kegiatan itu juga  untuk memutahirkan peta satuan lingkungan setempat yaitu pelaksanaan  lapangan  serta pengolahan peta wilkerstat.

“Peserta akan dibekali aplikasi wilkerstat pada hanphone  guna  memploting batas wilayah satuan lingkungan setempat dan kondisi wilayah SLS sebelum  dan setelah perubahan,” ungkapnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *