oleh

Petani di Kampung Bokem Panen Padi Seluas 165 Hektar

Merauke, Suryapapua.com– Masyarakat di Kampung Bokem, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke mulai memanen padi hasil kerja keras mereka seluas 165 hektar.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kampung Bokem, Simon Wollo kepada Surya Papua Sabtu (14/5) menjelaskan, di lahan ratusan hektar tersebut, terdapat tiga jenis bibit padi ditanam yakni  nutrising, thailand serta impair dua.

Ketiga jenis padi dimaksud, jelas dia, bebas dari hama. “Petani sudah melakukan panen sejak beberapa bulan terakhir dan ada juga telah digiling menjadi beras,” katanya.

Meskipun hasil panen menggembirakan, hanya struktur tanahnya berlumpur, sehingga alsintan milik Gapoktan Bokem, tak bisa memanen dengan baik. Ada rencana menyewa alat dari luar, agar gabah dapat dipanen dengan cepat.

“Memang kita memiliki dua alsintan,  tetapi tak mampu beroperasi di lahan sawah berlumpur. Jadi mau tidak mau harus sewa, meskipun harganya mahal,” ungkap dia.

Simon mengharapkan kepada Bupati Merauke, Romanus Mbaraka dapat memberikan tambahan alsintan yang kapasitasnya lebih besar dan baik. Sehingga ketika datang musim panen, tak ada kendala seperti sekarang.

Penulis : Yulianus Bwariat

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *