oleh

Penerimaan CPNS Provinsi Papua Selatan Lebih Diprioritaskan OAP

Merauke, Suryapapua.com– Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengungkapkan, pihaknya baru mendapatkan informasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  kalau penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Provinsi Papua Selatan akan dibuka.

Hanya saja, diberikan prioritas secara khusus kepada orang asli Papua (OAP). Olehnya, berbagai administrasi dan atau kelengkapan harus segera disiapkan.

Permintaan itu disampaikan Bupati Mbaraka saat melakukan dialog bersama masyarakat di Kelurahan Kamahedoga Selasa (26/7). “Memang peluang kerja sangat banyak dan terbuka setelah hadirnya Provinsi Papua Selatan,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Bupati Mbaraka, agar anak-anak yang sudah tamat sekolah baik jenjang pendidikan SMA maupun perguruan tinggi, agar harus melengkapi berkas secara baik.

“Ini pengalaman selama kurang lebih setahun memimpin, saya menjumpai  banyak sekali anak-anak yang persyaratannya tidak lengkap. Misalnya di ijazah SD, SMP maupun SMA, nama tak sama atau sesuai,” ungkapnya.

Dikatakan, dari seribuan yang mengajukan lamaran, hampir 50 persen nama  tak sesuai mulai dari kurang huruf, tak menggunakan marga di SD tetapi di SMA menggunakannya.

“Ini menjadi salah satu persoalan. Ingat bahwa sekarang sestemnya digital dan bay-komputer. Sehingga ketika satu huruf tak sesuai  ijazah,  tentu anda tak bisa diterima,” tegasnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *