oleh

Nahkoda KM Kevin Ditembak Tentara PNG Dari Jarak 10 Meter, Susana Wanggai: ‘Itu Tindakan Tak Manusiawi’

Merauke, Suryapapua.com– Kepala Badan Pengelola Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Susana Wanggai mengungkapkan, nahkoda KM Kevin, Sugeng, warga  Kelurahan Seringgu, Kabupaten Merauke  yang ditembak dan tewas  di tempat di perairan PNG Senin (22/8)  oleh tentara disana,  jaraknya kurang lebih 10 meter.

Hal itu disampaikan Susana saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan Rabu (24/8). “Penembakan oleh tentara PNG adalah tindakan tidak manusiawi,” tegasnya.

Dengan kasus penembakan di perairan PNG,  pihaknya telah meneruskan ke  Kedutaan Besar RI di Port Moresby serta Konsulat di Panimo agar ditelusuri dan dilakukan koordinasi bersama pemerintah PNG.

Susana mengakui nelayan Indonesia telah masuk ke perairan PNG melakukan pencarian ikan disana, hanya saja langkah dilakukan tentara PNG menembak salah seorang nahkoda kapal sangat disayangkan.

“Kita akan dorong agar pemerintah melancarkan aksi protes keras kepada Pemerintah PNG,” ujarnya.

“Hari ini saya mendampingi Bapak Sekda Provinsi Papua datang kesini sekaligus mendengar secara langsung laporan Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan serta beberapa stakeholder terkait lain, sehubungan kasus penembakan,” katanya.

Selain itu, menghadirkan salah satu korban selamat guna  menceriterakan kasus penembakan beberapa hari lalu itu. “Kita sudah mendengar semua keterangan,” jelasnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor    : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *