oleh

Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke Jadi Tuan Rumah Latihan SAR Indonesia dan Australia

Merauke, Suryapapua.com– Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke  akan  menjadi tuan tuan rumah pada  pagelaran latihan SAR bersama antara Indonesia dengan Australia yang akan dilangsungkan tahun depan.

Dipilihnya Merauke sebagai tuan rumah gelaran dimaksud, karena secara geografis merupakan salah satu pintu masuk pelayaran strategis dari Australia menuju Indonesia.

Sebagai persiapannya, hari ini, Kamis (2/6),  dilakukan latihan internal Basarnas bertajuk  pra sarex ausindo tahun 2022 di aula kantor yang dibuka secara resmi oleh Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan, diwakili Kepala Sub Direktorat Siaga Dan Latihan, Zulfikar.

Dalam sambutannya, Direktur Kesiapsiagaan mengatakan, Merauke biasanya digunakan kapal-kapal yacht Australia ataupun dari negara lain berkunjung ke Indonesia, selain kapal nelayan yang mencari ikan di perairan Arafura.

Akses jalur laut yang terbuka itu, jelasnya, tak menutup kemungkinan terjadi kecelakaan di kawasan perbatasan Australia-Indonesia yang dapat diakibatkan oleh hal-hal bersifat teknis maupun gangguan alam.

Jadi, katanya, Basarnas dituntut lebih cepat dan tepat dalam penanganan setiap kegiatan operasi SAR untuk memberikan pertolongan serta penyelamatan

“Kita akan berlatih bagaimana menyelenggarakan operasi SAR serta teknik-teknik pencarian nanti,” jelasnya.

Selain itu, bagaimana membuat perencanaan operasi SAR secara gabungan bersama negara tetangga Australia. Lalu mengkoordinasikan dan melaksanakan operasi SAR sesuai perencanaan yang telah dibuat SAR Mission Coordinator (SMC).

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *