oleh

Ini Fokus Persiapan Satbrimob Polda Papua Batalyon Pelopor D

-Ragam-144 views

Merauke, Suryapapua.com-Ini adalah fokus persiapan Satuan Brimob Polda Papua Batalyon Pelopr D yang sedang dilakukan saat ini, dibawah komando Danyon, Komisaris Polisi (Kompol) Clief Gerald P Duwith.

Saat bincang-bincang dengan Surya Papua di kantornya Selasa (15/3), Danyon menjelaskan, ada dua hal penting  sedang dilaksanakan yakni pembentukan Detasemen 45  untuk persiapan pasukan anti huru hara  guna bergabung bersama pasukan anti anti anarkhis, yang telah diresmikan Kapolri pada rapat kerja nasional (Rakernis) Brimob.

Selain itu, jelas Danyon, latihan perang hutan atau GAB  sebagai persiapan ke lima titik kabupaten yang menjadi operasi damai cartenz yang disiapkan Polda Papua. Sehingga pihaknya selaku organik dari Satbrimob Polda Papua, sesuai perintah Dansat Brimob, agar fokus ke dua persiapan dimaksud.

Namun demikian, katanya,  juga ada tugas lain yang dilaksanakan untuk mengantisipasi ganngguang Kamtibmas disini seperti perimbangan kepada Polres Merauke, misalnya patrol rutin yang dilakukan.

“Biasanya kami melakukan patrol menggunakan kendaraan roda dua maupun empat yag dianggap rawan di sejumlah titik. Itu juga sesuai perintah pimpinan untuk memback up  Polres Merauke. Juga mengantisipasi kejadian di tengah masyarakat  yang datang tanpa diduga,” ungkapnya.

Sehubungan personil  Batalyon Pelopor D di  Yahukomi dan Memberamo Tengah, Danyon mengaku, jumlahnya antara 12-15 orang. Mereka bertugas membantu rekan lain disana untuk pengamaan dengan interval waktu yang telah ditentukan kesatuan dan sesekali dapat dirolling.

Masa tugas mereka, menurut Danyon, sesuai petunjuk pimpinan minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan, disesuaikan situasi kamtibmas di wilayah tersebut.

Penulis : Frans Kobun

Editor  : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *