oleh

‘Buah’ Dari PON XX Papua, Investor Lirik Merauke

Merauke, Suryapapua.com – Ternyata dampak dari pelaksanaan PON XX Papua pada Oktober lalu, memberikan manfaat sangat besar. Selain para atlet maupun official dari berbagai daerah di Indonesia datang untuk bertanding, juga tamu lain untuk melihat secara langsung kehidupan masyarakat setempat, keindahan alam Papua serta hal lain.

Salah satu yang ternyata dilirik, khusus di Kabupaten Merauke adalah lahan pertanian yang dinilai sangat menjanjikan. Sehingga investor-pun tak segan-segan akan melakukan ivestasi di wilayah Selatan Papua, perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Papua Nugini.

Investor yang ‘kepincut’ dan berniat melakukan investasi di Kabupaten Merauke adalah Gunawan. Beliau melakukan investasi penanaman kacang tanah. Untuk memastikan itu, pekan lalu Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menemui investor Gunawan di salah satu tempat di Jakarta untuk membicarakan lebih lanjut.

Dari hasil pembicaraan selama kurang lebih dua jam, telah ada kata sepakat bersama. Dimana investor bersangkutan berinvestasi kacang tanah di Merauke dengan model yang sederhana. Dimana tak mengambil lahan masyarakat setempat.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka kepada kepada Surya Papua di salah satu hotel di Jakarta pekan lalu menjelaskan, investor Gunawan tak meminta lahan masyarakat untuk dijadikan pengembangan kacang tanah. Tetapi memfasilitasi mulai dari model penanaman hingga produksi.

“Pak Gunawan tak mencari tanah menanam kacang tanah. Nantinya masyarakat menanam dan beliau membeli. Tetapi untuk fasilitasnya termasuk sampai mesin, akan dibantu,” katanya.
Dijelaskan, investor itu sedang membuat permodelan perkebunan kacang tanah di Palu, Sulawesi Utara. “Saya sudah meminta beberapa contoh bibit kacang tanah yang kira-kira merupakan bagian dari kebutuhan industri dan prinsipnya beliau siap membantu,” ujarnya.

Setelah ada kesiapan investor demikian, jelas Bupati Mbaraka, pihaknya sedang melakukan kalkulasi terutama kebijakan di bidang transportasi. Sehingga perwakilan yang mengambil atau membeli kacang tanah Merauke, diberikan keringanan transportasi, kerjasama dengan perusahan pelayaran SPIL.

Dikatakan, hadirnya investor kacang tanah, adalah hasil dari pelaksanaan PON XX Papua khusus di klaster Merauke beberapa waktu lalu. Ternyata memiliki multi player-efek ganda investasi.
“Ya investasi kacang tanah ini, sekaligus dapat membantu meningkatkan pendapatan perkapita petani. Saya senang dan suka sekali cara kerja Pak Gunawan seperti begini,” ungkapnya.

Disinggung tentang benih kacang tanah yang akan digunakan, Bupati Mbaraka menambahkan, investor akan memberikan contoh. Namun dia juga percaya dengan bibit kacang tanah Merauke yang bisa digunakan petani untuk ditanam.

Reporter : Frans Kobun
Editor : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *