Basarnas Merauke Raih Predikat Terbaik Kategori Bidang Operasi SAR

Ragam123 views

Merauke, Suryapapua.com–  Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Merauke meraih predikat terbaik pertama dalam kategori bidang operasi SAR. Sekaligus menempati peringkat kedua kategori bidang kesiap-siagaan.

Predikat itu diberikan bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Basarnas ke- 50 tahun tanggal 28 Pebruari 2022 yang baru dilaksanakan hari ini Selasa (1/3), karena  kemarin adalah perayaan Isra Mi’raj bagi umat Islam.

Sementara peringatan HUT ke-50  di lingkungan Basarnas Merauke dilakukan secara sederhana. Dimana setelah apel, dilanjutkan ramah tamah bersama, sekaligus pemotongan tumpeng, sebagai ungkapan  rasa syukur atas bertambahnya usia organisasi.

“Untuk predikat yang diraih Basarnas Merauke adalah penilaian yang melibatkan seluruh Kantor SAR se-Indonesia,” kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya  TNI Henri Alfiandi dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Urusan Umum mewakili Kepala Kantor Basarnas Merauke, Supriyanto Ridwan.

Lebih lanjut Kepala Basarnas mengatakan, kecelakaan, bencana  dan kondisi membahayakan manusia,  memiliki sifat unpredictable atau tidak dapat di prediksi sebelumnya. Sehingga Basarnas melaksanakan siaga 24 jam sekaligus operasi SAR  secara cepat.

“Respon cepat itu mutlak  diperlukan  demi menyelamatkan jiwa saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah. Ini juga sejalan dengan thema perayaan  HUT kali ini yakni  cepat tanggap untuk Indonesia maju,” katanya.

Dalam kesempatan itu Kepala Basarnas menekankan keberhasilan pelaksanaan operasi SAR  dengan memadukan  empat pilar utama yakni sumber daya manusia yang mumpuni dengan peningkatan kapasitas, sarana dan prasarana memadai berteknologi tinggi sesuai perkembangan zaman, dukungan dari potensi SAR  mengingat  Basarnas tidak bisa bekerja sendiri serta publikasi.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *