Tahun ini, Pemkab Merauke Alokasikan Dana Rp 3 Milyar Beli Pupuk

Pemerintahan69 views

Merauke, Suryapapua.com– Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengungkapkan, dalam tahun ini dianggarkan dana senilai Rp 3 milyar yang bersumber dari APBD untuk pembelian pupuk, sekaligus dibagikan kepada para petani.

“Saya coba konsultasi ke pusat meminta  APBD Merauke digunakan membeli pupuk dan ternyata bisa juga. Sehingga tahun ini disiapkan dana Rp 3 milyar,” ungkap Bupati Mbaraka saat berdialog bersama ratusan masyarakat dari lima kampung di Kampung Salor Indah Sabtu (21/5) yang dihadiri wabup, H. Riduwan serta pejabat dari tiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Dikatakan, secara nasional, pupuk sudah mengalami penurunan. Karena negara yang menjual ke Indonesia seperti Thailand, Brasil dan Vietnam menghentikannya saat covid-19 melanda dunia.

“Memang sebelum munculnya covid-19, sejumlah negara dimaksud menjual, karena Indonesia negara agraris. Hanya belakangan sudah tidak lagi, sehingga praktis terjadi penurunan,” ungkapnya.

Oleh karena terjadi penurunan secara nasional, maka kuota untuk Provinsi Papua juga hanya 28.000 ton. Sedangkan jatah Merauke pun sangat sedikit yakni 9.000 ton.

Dengan kondisi demikian, jelasnya, jatah pupuk subsidi   bagi petani tidak merata saat pembagian, bahkan ada juga tidak mendapatkan.

“Mau bagaimana lagi, saya sudah berusaha semaksimal mungkin meminta tambahan ke pusat, tetapi karena sejumlah negara tak memberikan lagi, sehingga  jadinya seperti begini,” jelasnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *