oleh

PPL dan Kelompok Tani Dibekali Ilmu Atasi Serangan Hama Tanaman

Merauke, Suryapapua.com-Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan sejumlah kelomok tani dibekali ilmu melalui bimbingan teknis  (bimtek) untuk bagaimana mengatasi masalah  serangan hama penyakit pada tanaman.

Bimtek yang berlangsung di Hotel Corein  Senin (26/9) itu, dibuka oleh Asisten II Setda Merauke, Yeremias Ndiken.

Dalam sambutannya, Ndiken mengungkapkan, dalam bimtek ini, akan diberikan cara  bagaimana mengatasi tanaman padi yang baik kala saat cuaca hujan maupun panas.

“Kemarin saya baru pulang dari salah satu kampung di Distrik Elikobel. Para petani mengaku kalau musim panas, mereka dapat menghasilkan dan atau mendapatkan padi 60 karung. Namun ketika datang musim hujan hanya 20 karung,” ungkapnya.

“Saya berharap melalui bimtek, para petani mendapatkan ilmu cara mengatasi serangan hama pada tanaman padi,” ungkapnya.

Selain itu, jelasnya, petani diberikan ilmu bagaimana menghasilkan gabah berkualitas, agar dapat dieksport keluar daerah.

Anggota Komisi IV DPR RI, Sulaeman Hamzah mengungkapkan, kegiatan dimaksud adalah bagian dari aspirasi petani di wilayah Provinsi Papua Selatan.

“PPS telah hadir, sehingga kita harus siap dari segala sisi. Apapun alasannya, semua sektor tetap menjadi tanggungjawab bersama,” katanya.

Sulaeman mengaku, petani dan nelayan di wilayah Selatan, masih jauh dari harapan terutama segi keseimbangan ekonomi antara kota dan kampung.

Untuk menjawab semua ini, masyarakat harus tetap  didampingi dan diberikan fasilitas. Sehingga mereka dapat berkembang sekaligus menopang ekonomi keluarganya.

 

Penulis : Yulianus Bwariat

Editor  :  Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *