oleh

Pesan Pastor Vitalis Untuk Anak-Anak Bevak Pintar

Merauke, Suryapapua.com– “Jangan  kumpul di Bevak Pintar karena ada makan- minum. Tetapi anak-anak  harus ingat, apa yang hendak didapatkan selama bersama pendamping di Bevak Pintar. Jangan sampai kedepan, bevaknya pintar, tetapi manusia di dalam hanya tidur saja. Harus bangkit dan bergerak.”

Itulah pesan Pastor Vitalis, SVD dalam khotbahnya pada perayaan Paskah bersama ratusan anak-anak Bevak Pintar yang berlangsung di aula Archelaus Sai Sabtu (31/4).

Dalam kehidupan, lanjut Pastor Vitalis, “Kita harus menjadikan Tuhan Yesus sebagai tokoh idola atau inspirasi. Hari ini kita semua merayakan Paskah bersama.”

Untuk nama Bevak Pintar, jelasnya, hanya Bruder Yohanes Kedang, MTB mengetahui makna sesungguhnya. Tetapi bahwa di dalam bevak itu adalah orang-orang pintar. Jadi bukan bevaknya pindah kesana-kemari. Tetapi bevak adalah tempat dan di dalamnya adalah orang-orang pintar.

Oleh karena orang pintar, sehingga Tuhan Yesus bangkit dalam kehidupan  dengan membawa sebuah perubahan. Manusia dilepaskan dari dosa  agar memperoleh kehidupan kekal.

Salah seorang anak Bevak Pintar sedang membawa bacaan saat Paskah bersama – Surya Papua/Frans Kobun
Salah seorang anak Bevak Pintar sedang membawa bacaan saat Paskah bersama – Surya Papua/Frans Kobun

“Dan, kalau kita mengidolakan Yesus  yang telah bangkit, berarti kita juga harus bangkit dari hidup,” pintanya.

“Kita  bangkit macam apa? Yang Tuhan Yesus inginkan adalah bukan kita mati dulu baru bangkit untuk kehidupan kekal, itu kemudian. Tetapi bagaimana kita bangkit dalam kehidupan. Dimana bagaimana membangun masa depan kita,” ujarnya.

Pastor Vitalis memberi contoh, kalau anak-anak punya bapa-mama hanya bisa beli sepeda, maka kedepan harus membeli sepeda motor sekaligus diberikan kepada ortu. Artinya bahwa dari Bevak Pintar, anak-anak harus berkomitmen memiliki masa depan cerah.

Dikatakan, ketika orang ingin maju, harus bangkit. Bukan bangun dan berdiri. Teapi bangun dan bergerak, itu baru disebut orang hebat.

“Jadi saya minta adik-adik semua harus bangkit dengan terus belajar, sekolah sehingga menjadi pintar dan kelak dapat berbuat sesuatu untuk kepentingan banyak orang,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, Pastor Vitalis berpesan kepada para volunter bahwa tujuan manusia diciptakan adalah untuk mengenal, mencintai dan melayani Tuhan yang menciptakan umat-NYA.

“Olehnya saya meminta kalian mendukung kelompok Bevak Pintar. Gunakanlah talenta dari Tuhan menyelamatkan generasi kita untuk sesuatu yang mulia,” pintanya.

“Kami para para pastor hanya bisa mendukung. Kami tak punya apa apa. Tetapi yakin bahwa dalam diri kalian ada sesuatu yang membangkitkan adik adik ini. Tuhan telah bangkit, maka kita bangkit dalam kehidupan,” pintanya lagi.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *