Penutupan Pendidikan Latsar Ratusan CPNS, Bupati Merauke: ‘Penantian Panjang Itu Telah Kamu Akhiri’

Pemerintahan158 views

Merauke, Suryapapua.com– Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menutup secara resmi pendidikan dan latihan dasar (Latsar) bagi 300-an calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2018, setelah kurang lebih 56 hari mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan.

Penutupan berlangsung di auditorium kantor bupati Selasa (20/9) itu, dihadiri Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Dominikus Ulukyanan, Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sandi Sultan dan para kepala dinas di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

Dalam sambutannya,  Bupati Mbaraka mengatakan, hari ini penutupan pendidikan latsar dilaksanakan. Tuhan sangat luar biasa. Penantian panjang akhirnya terjawab.

Pelaksanaan testingnya, lanjut Bupati Mbaraka, tahun 2018 silam, namun prajabatan baru terlaksana di tahun 2022. Harusnya setelah testing dan pengumuman, diproses administrasi untuk latsar atau dulunya disebut prajabatan.

“Tapi sayangnya ditarik ulur tanpa kejelasan dan baru terjawab, setelah saya bersama wakil bupati, H. Riduwan memimpin 2021 silam,” ujarnya.

Dengan telah ditutup pendidikan latsar,  CPNS harus mengucap syukur kepada Tuhan. Apapun yang kalian dapat dalam hidup, diterima dengan penuh ucapan syukur.

“Ya kegiatan sudah berakhir atau selesai dan ini adalah proses kalian digenapi menjadi seorang  aparatur sipil negara (ASN),” jelasnya.

Dengan sertifikat pelatihan yang didapatkan, CPNS akan mendapatkan SK   ASN dan segera diproses.

Bupati Mbaraka menambahkan, banyak muatan telah CPNS terima serta catatan dari para mentor, pendamping dan pemateri. Tentunya akan menjadi catatan dan  bekal kalian melaksanakan tugas sebagai seorang ASN.

“Ingat bahwa kamu semua berada di pembukaan  disaat kita telah menjadi Provinsi Papua Selatan. Lalu juga orang pertama mengikuti pendidikan dan latsar di ibukota provinsi ini,” ungkapnya.

Nantinya, demikian Bupati Mbaraka, diantara ratusan CPNS,  ada direkomendasikan atau diusulkan menjadi ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Selatan.

Secara administrasi demikian dan peluang bagi kalian menjadi pejabat sangat terbuka lebar. Tinggal saja bekal yang didapatkan selama latsar, agar diterapkan.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *