Pengurus Tim Penggerak PKK Distrik Merauke dan Kelurahan Dilantik, Ester Rudolf Corputty: ‘Kita Mitra Pemerintah’

Pemerintahan244 views

Merauke, Suryapapua.com– Ketua Tim Penggerak PKK Distrik Merauke, Ester Rudolf Corputty melantik sekaligus mengukuhkan pengurus tim penggerak PKK distrik dan kelurahan periode 2022-2027.

Pelantikan yang berlangsung di aula kantor distrik Kamis (27/10), dihadiri   Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke, Ny. Imelda Carolina Mbaraka, Kepala Distrik Merauke sekaligus pembina, Arnold Rudolf,   sejumlah kepala puskesmas, perwakilan polsek, para lurah serta tamu undangan lain.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Distrik Merauke,  Ester Rudolf Corputty mengatakan, PKK adalah mitra pemerintah yang turut serta berpartisipasi dalam pembangunan, terutama pemberdayaan kesejahteraan keluarga melalui 10 program pokok PKK yang dibagi menjadi empat  kelompok kerja (pokja).

“Hari ini pengurus PKK tingkat Distrik Merauke maupun kelurahan telah dilantik sekaligus dikukuhkan. Olehnya saya mengajak kepada ibu-ibu  agar kita bersama-sama mensejahterakan rakyat dengan dimulai dari kelompok kecil dibawah yakni keluarga,” pintanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke, Ny. Imelda Carolina Mbaraka menghadiri pelantikan pengurus PKK distrik dan kelurahan – Surya Papua/Ichal Ukat
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke, Ny. Imelda Carolina Mbaraka menghadiri pelantikan pengurus PKK distrik dan kelurahan – Surya Papua/Ichal Ukat

“Mari kita bergerak dalam membimbing dan membina agar keluarga dapat hidup sejahtera, maju dan mandiri. Sehingga kesejahteraan keluarga boleh terpenuhi, baik secara materi, mental, kesehatan serta pendidikan,” pintanya lagi.

Setiap kegiatan yang dijalankan, lanjut  Ester, agar dapat didukung baik di tingkat kelurahan maupun kampung.

Diakuinya, secara finansial,  PKK distrik maupun kelurahan tak memiliki. Namun demikian, jiwa sebagai relawan  terus digelorakan  untuk menggerakan kelompok PKK agar kesejahteraan keluarga  perlahan terjamin dan terpenuhi.

Sementara Pembina PKK Distrik Merauke, Arnold Rudolf mengatakan, setelah pelantikan 22 kepala distrik di auditorium kantor bupati oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke, Ny. Imelda Carolina Mbaraka beberapa waktu lalu,  ditindaklanjuti dengan pelantikan di distrik dan hari ini direalisasikan.

“Saat Pak Bupati Merauke, Romanus Mbaraka memberikan sambutan, beliau meminta agar para kepala distrik dan lurah maupun kepala kampung mendukung sekaligus mensuport semua kegiatan PKK,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Arnold, semua harus bergandengan tangan dan saling memback-up.

“Memang ada sejumlah kendala kita hadapi baik di distrik maupun kelurahan yakni anggaran. Namun pesan saya kepada para lurah menyisihkan sedikit  untuk berbagai kegiatan PKK yang akan dijalankan,” katanya.

Arnold juga meminta pelaksanaan posyandu dijalankan secara rutin. Para lurah agar  berkunjung saat kegiatan posyandu dilaksanakan ibu-ibu di titik manapun.

“Saya bersama ibu Ketua Tim Penggerak PKK Distrik Merauke akan berkunjung juga saat posyandu dilaksanakan di setiap kelurahan,” ujarnya sambil menambahkan, dari data yang didapatkan terdapat kurang lebih 40-an posyandu.

Dalam kesempatan itu, Arnold juga meminta kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke agar memberikan support serta dukungan terhadap program yang dijalankan ibu-ibu baik di tingkat distrik maupun kelurahan.

“Kita harus mengakui bahwa ibu-ibu pengurus distrik dan kelurahan tak digaji setiap bulan. Apa yang dikerjakan adalah tugas kemanusiaan, namun dampaknya sangat besar terhadap para lurah maupun kepaa distrik sendiri,” ungkapnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *