oleh

Tim Penggerak PKK Kabupaten Boven Digoel Lakukan Penanaman Padi Perdana di Kebun Percontohan

 

Boven Digoel, Suryapapua.com– Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten  Boven Digoel, Veronika Yaluwo bersama sejumlah pengurusnya melakukan penanaman padi perdana saat  kunjungan ke lokasi kebun percontohan PKK dan kolam penangkaran ikan yang berada di Kampung Asiki, Distrik Jair  pada awal bulan Oktober.

Dalam kunjungan itu, hadir juga beberapa orang perwakilan perusahaan dari Korindo Group dan TSE Group yang menyambut kedatangan Tim Penggerak PKK  Kabupaten Boven Digoel.

Selain melakukan penanaman padi perdana dikebun percontohan, rombongan PKK juga menyempatkan diri mengecek kolam penangkaran ikan yang ada di sana.

“Nantinya kebun percontohan TSE Group akan dikelola oleh tim penggerak PKK Boven Digoel untuk menjadi wadah dalam membagi ilmu bagaimana budidaya tanaman dan ternak ikan yang baik dan benar kepada masyarakat Papua, agar memberi hasil panen yang baik,” ucap Sutisna selaku Manager Humas TSE Group dalam rilisnya yang diterima Surya Papua Kamis (27/10).

Kebun percontohan PKK yang disiapkan oleh pihak perusahaan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara TSE Group dengan  tim penggerak PKK Boven Digoel dalam pertemuan yang diselenggarakan di Tanah merah pada 20 Agustus 2022 lalu.

Bibit padi yang siap ditanam oleh Tim Pengerak PKK Kabupaten Boven Digoel – Surya Papua/IST
Bibit padi yang siap ditanam oleh Tim Pengerak PKK Kabupaten Boven Digoel – Surya Papua/IST

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten  Boven Digoel, Veronika Yaluwo menyampaikan bahwa kebun percontohan hasil kerjasama dengan pihak perusahaan ini merupakan solusi bagi masyarakat Papua dalam menerapkan metode pertanian yang benar dengan maksud agar masyarakat dapat melihat langsung cara pengelolaan budidaya tanaman sayur dan penangkaran ikan yang tepat.

Veronika menambahkan, untuk bibit, pupuk dan benih ikan disediakan oleh Dinas  Tanaman Pangan Holtikultural, Peternakan dan Perikanan (TPHPP).

Adapun kebun percontohan seluas 25 x 25 M yang berlokasi pada lahan masyarakat yang berada diluar area perusahaan ini disediakan bahkan difasilitasi oleh pihak perusahaan mulai dari pembuatan bedengan, pagar dan keramba.

Kerjasama ini merupakan aksi nyata dari pihak perusahaan dalam berkontribusi dalam pengembangan lingkungan dan peningkatan sentra ekonomi mandiri masyarakat Papua.

Selain itu kebun percontohan yang dipersembahkan oleh TSE Group ini akan ditanami tumbuhan diantaranya cabai, jagung, padi dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu terdapat juga kolam penangkaran ikan yang nantinya akan dibudidayakan. Pihak TSE Group, khususnya di bagian persemaian juga terus memantau perkembangannya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *