oleh

Listrik Padam Dua Hari lalu, Abarar : Akibat Trouble Satu Unit Mesin Pembangkit Listrik

Merauke, Suryapapua.com– Penyebab padamnya listrik dua hari lalu, diakibatkan oleh adanya trouble salah satu unit mesin pembangkit listrik pada pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG).

Hal itu disampaikan Kepala Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Merauke,  Abarar saat ditemui Surya Papua di kantornya, Rabu (8/6). “Jadi memang ada gangguan di sisi pembangkit PLTMG,” ujarnya.

Secara teknis, jelasnya, terdapat indikasi tidak normalnya pada Automatic Voltage Regulator (AVR). Sehingga menyebabkan lepas sinkron di salah satu mesin pembangkit.

Dikatakan, terdapat tiga unit mesin pararel pembangkit yang saat ini beroperasi untuk melayani pelanggan. “Ya dari tiga unit mesin itu, ada salah satu bermasalah pada AVR, lantaran  lonjakan frekuensi sampai dengan 50.5 Hz,” katanya.

Diakui, awalnya hanya satu unit mesin bermasalah. Sehingga sebagian berdampak kepada matinya lampu. Disaat beban dari mesin mati  dipindahkan ke dua mesin lain, terjadi peningkatan pada suhu air pendingin, karena ada beban tambahan.

Penulis : Yulianus Bwariat

Editor   : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *