oleh

Kelompok Seni Tari Kuda Lumping Dari Tiga Distrik Gelar Hiburan Rakyat

Merauke, Suryapapua.com-Untuk memeriahkan hari raya Lebaran Ketupat, kelompok seni tari kuda lumping di Kampung Kayfamke,  Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke menggelar hiburan rakyat.

Kepada Surya Papua, kemarin,  Ketua Panitia kegiatan, Kantari menyebutkan, pentas seni kuda lumping yang ditampilkan adalah kerjasama antara tiga kelompok dengan tujuan menghibur masyarakat setempat.

Tiga kelompok itu terdiri dari Distrik Ulilin, Muting serta Distrik Elikobel.

“Memang baru pertama kita lakukan dengan melibatkan kelompok seni tari kuda lumping dari tiga, tetapi sangat menyedot perhatian masyarakat. Sekaligus moment  bagi pedagang kaki lima berjualan,” ungkapnya.

Semua boleh berjalan sangat meriah, lantaran dukungan semua pihak, termasuk aparatur kampung maupun karang taruna.

“Ya dengan pentas seni kuda lumping, menjadi ajang silaturahmi. Juga mendidik kawula muda agar lebih memahami budaya dimaksud,” katanya.

 

Felix, salah satu  pemeran kuda lumping anak asli Papua dari Kampung Kayfamke mengaku, dirinya sudah menggeluti budaya tersebut  selama kurang lebih 10 tahun, sehingga  sangat menjiwai tarian Jawa  itu.

Hiburan rakyat yang merupakan gabungan tiga distrik dimaksud,  mendapat sambutan serta apresiasi tinggi dari salah seorang Intelektual Marind, Hendrikus Mahuze,

“Ini hal sangat positif dan perlu dijalankan, mengingat manfaatnya sangat besar bagi semua orang. Karena dengan pentas seni yang dilakukan, dapat memupuk hubungam silaturahmi sesama masyarakat di kampung-kampung,” katanya.

Penulis  :  Yulianus Bwariat

Editor     : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *