oleh

Jelang Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Dinkes Merauke Gencar Sosialisasi di Sekolah

Merauke, Suryapapua.com– Menjelang pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun,  tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, gencar melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah.

Salah satu sekolah yang disasar untuk sosialisasi yakni SD Inpres Mopah Baru. Saaran sosialisasi kepada orangtua murid.

Dr. Stasia L Agnes dalam sosialisasinya Kamis (20/1) menjelaskan  dampak covid-19 serta syarat bagi seorang anak untuk divaksin. “Betul saya menyampaikan materi tentang covid-19, lalu vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun kepada orangtuanya,” kata Agnes.

Selain itu, jelasnya, juga persyaratan yang harus dipenuhi terhadap seorang anak sebelum divaksin. “Memang peran orangtua sangat dibutuhkan untuk menyampaikan penyakit bawaan anak. Karena harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter,” ujarnya.

Jika ada rekomendasi dari dokter spesialis kalau anak itu memiliki riwayat penyakit, maka bisa ditunda vaksinasinya.

Salah satu orangtua, Jamaludin berharap tidak adanya pemaksaan agar anak wajib divaksin. Karena pasti banyak orangtua masih dibayangi ketakutan saat anaknya hendak divaksin.

Namun demikian, jelasnya, vaksin sangat penting, mengingat sekarang kegiatan belajar mengajar di sekolah berlangsung tiap hari. Sehingga dengan anak divaksin, tentu menambah kekebalan atau imun dalam tubuh.

Penulis : Yulianus Bwariat

Editor   : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *