oleh

Jelang Natal-Tahun Baru, Basarnas Kerahkan Personil, Fokus Penanganan Kecelakaan

Merauke, Suryapapua.com– Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) mulai mengerahkan personil untuk mendukung pengaturan  serta pengendalian transportasi.

Kegiatan dimaksud adalah rutin tahunan  yang dilakukan bersama dengan unsur dan instansi dari lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke.

“Hari ini (kemarin;red) bertempat di lapangan apel Kantor pencarian Dan Pertolongan Merauke, digelar apel siaga khusus yang diikuti seluruh personil. Siaga khusus ini akan berlangsung selama 19   hari  terhitunng sejak  17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022,”  ungkap  Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan Merauke Supriyanto Ridwan dalam rilisnya yang diterima Surya Papua Jumat (17/12).

Dikatakan, dalam siaga khusus ini, Basarnas tetap fokus kepada penanganan kecelakaan sesuai apa yang menjadi tugas pokok. Namun demikian, tentu tak mengesampingkan potensi kecelakaan lain serta bencana yang memerlukan perhatian.

Adapun tujuan utama pelaksanaan siaga khusus tidak lain untuk terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (guick response SAR).

“Memamg perlu ada peningkatan dari tahun ke tahun, baik kesiapan personil, peralatan, ketrampilan dan kesigapan serta sistem quick response SAR jika  terjadi kecelakaan,” ungkapnya.

Ditambahkan, hal peting lain yang harus turut mendapat perhatian serius adalah kesiapan alat utama.   Kendaraan maupun peralatan-peralatan rescue menunjukkan performance dari Basarnas. Sehingga  perlu diperhatikan kebersihan dan perawatannya agar selalu siap ketika dimanfaatkan.

Ada beberapa hal  penting  ditekankan kepada personil yang harus dijaga serta  diperhatikan yakni menjaga sikap sopan dan santun, baik dalam berkoordinasi dengan instansi terkait maupun saat melakukan misi penyelamatan di lapangan. Ikuti prosedur yang ada dan tunjukkan bahwa anda bekerja secara profesional,” pinntanya.

Selain itu, senantiasa mengutamakan keselamatan pribadi maupun tim. Jaga kesehatan, perhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Tetap semangat,  jalankan tugas mulia dan Tuhan akan mencatatnya.

“Ini sebagai nilai Ibadah dan selalu memberikan kebahagiaan bagi kalian serta  keluarga yang mungkin belum bisa bertemu karena mengemban tugas ini,” ujarnya.

Penulis:Yulianus Bwariat

Editor:Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *