HKT Merauke Natal Bersama, Pastor Alo : Hanya Dalam Kristus, Orang Dapat Keselamatan dan Kebahagiaan

Ragam271 views

Merauke, Suryapapua.com– Bertempat di aula RRI, Selasa (4/1), Himpunan  Keluarga Tanimbar (HKT) di Kabupaten Merauke  melaksanakan Natal bersama yang ditandai ibadah oikumene. Sekaligus dipadukan tarian Tanimbar menghantar bayi Yesus ke kandang Betlehem.

Dengan mengusung thema Natal  Cinta Kasih Kristus  yang  Menggerakkan  Persaudaraan, perayaa Natal bersama dihadiri Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Ramadayanto, Ketua HKT Merauke , Matheus Fatruan, sejumlah pastor serta para pendeta.

Dalam khotbahnya, Pastor Aloysius Batmyanik, MSC  mengatakan,  jika tak bersatu dalam cinta kasih Kristus, persekutuan akan goyang dan terpecah-pecah. Dengan tema   dimaksud,  agar dapat menyatukan persatuan dan persaudaraan keluarga besar Tanimbar di tanah Anim Ha.

“Mengapa Kristus menjadi dasar dalam persekutuan kita, karena  DIA  Sang Juru Selamat Putera Allah yang mampu menyatukan seluruh bangsa manusia di muka bumi.  Dan, hanya di dalam DIA tidak ada perbedaan ,” katanya.

Pastor menjelaskan, di dalam Kristus orang mendapatkan keselamatan dan kebahagian abadi. Jabatan, harta dan pengetahuan yang dimiliki manusia tidak menjamin manusia  mencapai kebahagiaan abadi.

Kelompok tari dari Tanimbar saat Natal bersama HKT di Aula RRI Merauke – Surya Papua/Yulianus Bwariat
Kelompok tari dari Tanimbar saat Natal bersama HKT di Aula RRI Merauke – Surya Papua/Yulianus Bwariat

Sementara Ketua Panitia Natal Bersama HKT Merauke,  Romanus Laiyan dalam laporannya mengatakan, maksud dari  perayaan ini  yakni menyatukan segala macam bentuk perbedaan yang terdapat dalam masyarakat Tanimbar  di Kabupaten Merauke.

Sedangkan tujuannya  memupuk rasa persaudaraan bagi seluruh masyarakat Tanimbar. Semua bentuk persoalan dan beda pendapat dapat disatukan dalam ikatan kekeluargaan Tanimbar. Selain itu menjunjung  semangat serta memupuk tradisi adat Tanimbar.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Merauke, Ramadayanto mengungkapkan, persaudaraan itu sangat indah. Di kandang Betlehem,banyak warna-warni yang ketika disatukan menghasilkan warna  indah.

Artinya, jelas Ramadayanto,  semua perbedaan disatukan menjadi  persaudaran yang indah dan kuat. Carilah saudara sebanyak mungkin agar  tidak susah.

Penulis:Yulianus Bwariat

Editor:Frans Kobun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *