Hadirnya Provinsi Papua Selatan, Mendagri: ‘Percepat Pembangunan dan Potong Birokrasi’

Laporan Utama171 views

Merauke, Suryapapua.com-Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyampaikan spirit untuk pemekaran tiga daerah otonom baru (DOB) termasuk Provinsi Papua Selatan yang telah disahkan undang-undangnya oleh Presiden RI, Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Pemekaran Provinsi Papua Selatan dan dua provinsi lain di Papua, tidak lain mempercepat pembangunan sekaligus memotong birokrasi yang terjadi selama ini,” ungkap Mendagri saat sesi jumpa pers di halaman Kantor Bupati Merauke Jumat (12/8).

Hadirnya PPS ,  jelas Mendagri, sekaligus  menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang telah  berjuang  selama kurang lebih 20 tahun.

“Pak Presiden Jokowi sangat memahami tentang Papua, karena berkali-kali datang ke sejumlah kabupaten/kota seperti Jayapura, Merauke, Asmat, Jayawijaya serta beberapa daerah lain,” jelasnya.

Dikatakan,  Provinsi Papua Selatan sudah ada dan segera berjalan. Lalu otomatis akan ada gubernurnya. Sehingga proses administrasi maupun pelayanan public  segera berjalan pula.

“Ya begitu Provinsi Papua Selatan berjalan, masyarakat dari Asmat, Mappi atau Boven Dogoel, tak harus ke Jayapura. Karena di sini pemimpinnya sudah ada dan dapat mengambil keputusan,” tegasnya.

Selain itu, katanya, dapat mengatur serta mengelola sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA) sendiri.

“Saya  memohon kepada semua pihak agar dengan hadirnya Provinsi Papua Selatan, dapat memberikan dukungan penuh. Sekaligus bergandengan tangan secara bersama-sama membangun dalam berbagai aspek,” pintanya.

Penulis : Frans Kobun

Editor  : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *