oleh

Disdukcapil Merauke ‘Jebol’ SMAN 1 Kurik

Merauke, Suryapapua.com–  Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Merauke, tak  berleha-leha menghabiskan waktu di belakang meja menunggu masyarakat datang mengurus data kependudukan,  baik kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga dan lain-lain, tetapi langsung  jemput bola (jebol) di lapangan.

Salah satu bukti nyata adalah melakukan foto sekaligus perekaman dua minggu lalu  di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I Kurik kepada siswa-siswi Kelas XII yang telah memasuki usia 17 tahun.

Lalu hasil perekaman dan foto, sudah  diproses dalam bentuk KTP dan hari ini diserahkan secara bersamaan dengan kartu keluarga.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada  Dinas Kependudukan dan Capil  Kabupaten Merauke, Asrum Anwar kepada Surya Papua Rabu (16/3)  menjelaskan, setelah dilakukan perekaman dua minggu lalu secara  langsung di aula SMA I Kurik, hari ini hasilnya dibawa berupa KTP  untuk 73 siswa-siswi di sekolah tersebut.

Selain itu, jelasnya, juga kartu keluarga yang telah dimutakhirkan kembali  dan  diserahkan bersamaan dengan KTP.

“Memang KTP  dimaksud  untuk puluhan  siswa-siswi disana yang telah memasuki usia 17 tahun. Karena tentu identitas diri itu sangat dibutuhkan  sebagai persiapan  melanjutkan studi ke perguruan tinggi maupun mengikuti testing,” ungkapnya.

Dikatakan, untuk menghasilkan KTP, di-update terlebih dahulu kartu keluarga. “Jadi kartu keluarga harus valid yang sudah QR kode, baru KTP  diproses sekaligus dicetak,” ungkapnya.

“Apa yang kami lakukan, sesuai arahan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka setelah dilantik bersama wakilnya, H. Riduwan  agar dokumen kependudukan dimaksimalkan dengan pelayanan langsung di tempat,” katanya.

 Sangat Luar Biasa

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Capil  Kabupaten Merauke, Asrum Anwar bersama Kepsek SMAN I Kurik, Frans L Liptiay sedang menunjuk KTP serta kartu keluarga siswa-siswi – Surya Papua/IST
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Capil Kabupaten Merauke, Asrum Anwar bersama Kepsek SMAN I Kurik, Frans L Liptiay sedang menunjuk KTP serta kartu keluarga siswa-siswi – Surya Papua/IST

Secara terpisah Kepala Sekolah SMA I Kurik, Frans L Liptiay ketika dimintai komentarnya mengatakan, langkah yang dilakukan Disdukcapil  menjemput bola  pengurusan KTP maupun kartu keluarga, sangat luar biasa dan ini harus diberikan apresiasi.

“Memang beberapa waktu lalu saya melakukan komunikasi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Merauke, sekaligus meminta dilakukan perekaman serta foto bagi siswa-siswi Kelas XII di SMAN I Kurik dan langsung diresponi cepat,” katanya.

Lalu, jelas Liptiay, beberapa hari kemudian, stafnya langsung datang di sekolah, sekaligus melakukan perekaman. Hasilnya, hari ini  Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Capil  Kabupaten Merauke, Asrum Anwar bersama beberapa stafnya, datang menyerahkan.

“Saya mengambil langkah demikian guna  membantu siswa-siswi disini, terutama kelas XII. Karena beberapa bulan kedepan, mereka sudah tamat dan pasti membutuhkan KTP untuk lanjut studi atau ikut testing serta keperluan lain,” jelasnya.

Selama ini, menurutnya, anak-anak bingung ketika turun ke kota dan hendak mengurus KTP menunggu terlalu lama.  “Berangkat dari itu, saya coba membantu agar petugas datang melakukan perekaman dan hasilya KTP serta kartu keluarga diterima. Cetakannya  juga sangat bagus,” katanya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *