oleh

Dihadapan Bupati Merauke, Petani Ngeluh Gagal Panen Akibat Serangan Hama

Merauke, Suryapapua.com– Bupati Merauke, Romanus Mbaraka melakukan dialog dengan masyarakat di SP-3, Distrik Tanah Miring. Sejumlah persoalan dibeberkan, salah satunya adalah menyangkut serangan hama hingga berdampak terhadap  gagal panen padi  dalam musim ini.

“Kami mohon kepada Bapak Bupati Merauke memberikan jalan keluar, mengingat hasil panen gabah mengalami penurunan sangat drastic setelah  serangan sporadis hama,” ungkap beberapa warga dalam dialog Jumat (23/9).

Dengan gagal panen ini, lanjut mereka, berdampak juga terhadap pembayaran cicilan hutang di bank setiap bulan.

Menanggapi itu, Bupati Mbaraka  mengakui telah mendapatkan laporan dari dinas pertanian, sehubungan tanaman padi petani yang siap dipanen , sebagian besar terserang hama.

Untuk membasmi hama, jelasnya, selain menggunakan obat-obatan, petani juga perlu mengamati iklim dengan baik, karena selalu berubah-ubah. “Semua sudah tahu belakangan kan, sebentar hujan, sebentar panas dan itu sedang terjadi beberapa pekan terakhir,” ujarnya.

“Saya minta petani agar pada saat start awal membuka lahan sekaligus menanam, harus menghitung secara baik-baik. Karena kelihatan penyakit atau serangan hama mengikuti iklim,” ungkapnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *