oleh

Di Papua, Potensi Lahan Sagu Terluas di Kabupaten Mappi

Merauke, Suryapapua.com– Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPRI) RI, Sulaeman Hamzah mengungkapkan, potensi lahan sagu terluas di Papua ada di Kabupaten Mappi.

Dari hitungan global dunia, luasan sagu adalah 6,5 juta hektar. Sedangkan untuk di Papua luasan mencapai kurang lebih  4,7 juta hektare.

“Memang lahan sagu terbesar dan atau terluas di dunia ada di Negara Indonesia, khususnya di Provinsi Papua,” ungkap Sulaeman kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Dikatakan, dari luasan lahan 6,5 juta hektar untuk skala dunia itu, 5,6 juta hektare berada di Indonesia. Sementara di Papua sendiri mencapai 4,7 juta  hektare.

Potensi lahan sagu terbesar di Papua, menurutnya, berada di Kabupaten Mappi. Tentunya diharapkan pemerintah setempat agar merencanakan pengembangan lebih lanjut.

“Memang potensi terluas di Mappi, namun hanya soal jangkauan dan sejauh ini  belum ada industri pengolahan sagu disana. Kalau yang telah memiliki industri baru di Merauke, Timika dan Jayapura,” ujarnya.

“Kita tidak tahu perkembangannya bagaimana. Tergantung respon perencanaan dari Pemerintah Kabupaten Mappi,” kata putra kelahiran Ileape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Sulaeman menambahkan, pastinya pemerintah pusat memiliki pemetaan lahan. Namun perlu adanya respon baik dari pemerintah setempat agar sagu di Mappi menjadi komoditi unggulan yang tak dimiliki daerah lain di Indonesia.

Penulis : Yulianus Bwariat

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *