oleh

Combine Harvester Telah Digunakan Petani, Arif Wijaya:’Terimakasih Bapak Romanus Mbaraka-H. Riduwan’

Merauke, Suryapapua.com– Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kampung  Sumber Mulya, Distrik Kurik, Arif Wijaya, atas nama masyarakat menyampaikan banyak terimakasih kepada Bupati-Wakil Bupati Merauke, Romanus Mbaraka-H. Riduwan atas bantuan combine harvester (pemanen kombinasi) yang diberikan beberapa bulan lalu.

Bantuan peralatan tersebut, sudah digunakan dan atau dimanfaatkan perdana oleh petani dalam musim panen gabah.

Hal itu disampaikan Arif kepada Surya Papua Jumat (2/9). “Kami sudah lakukan pertemuan bersama  semua kelompok tani, aparatur kampung  untuk menyepakati  berapa besaran atau ongkos  combine untuk satu hektar,” ungkapnya.

Selama ini, lanjut dia, combine yang disewa petani  dari pihak  swasta untuk satu hektar Rp 1,2 juta. “Nah, karena swasta mematok harga demikian, jadi combine bantuan Pemerintah Kabupaten Merauke ini, disepakati dibayar petani untuk satu hektar Rp 1 juta,” ujarnya.

Pembayaran atau sewa combine, bisa dalam bentuk uang tunai maupun gabah, setelah panen. “Nanti kita hitung berapa sak atau karung gabah disesuaikan  harga yang berlaku,” jelasnya.

Dikatakan, dana dari sewa combine, digunakan untuk kepentingan umum seperti membeli bahan bakar minyak (BBM), mengganti peralatan jika ada  rusak, membayar honor operator dan lain-lain.

“Jadi, itu disepakati seluruh masyarakat di Kampung  Sumber Mulya dan tidak ada persoalan,” katanya.

“Kami merasa sangat terbantu dengan bantuan combine yang diberikan Bapak Bupati Merauke, Romanus Mbaraka melalui dinas pertanian dan tanaman pangan setempat,” tandasnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *