oleh

Besok, Misa Syukur RP Robertus Talaroga, MSC, Pastor Flobamora Merauke Pertama Dari Tarekat MSC

Merauke, Suryapapua.com– Bertempat di SP-3, Kampung Sumber Harapan, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke Minggu (29/5), tempat kelahiran RP Robertus Talaroga, MSC  akan berlangsung misa syukur bersama keluarga besar Flobamora yang tersebar di kota, SP-7, Erom, Jagebob, Maam-Distrik Ngguti, Bio-Muting  juga dari Asiki, Tanah Merah (Boven Digoel)  serta beberapa tempat lain.

Misa syukur dilaksanakan, setelah pastor berdarah Ende,  Nusa Tenggara Timur (NTT) yang lahir dan besar di SP-3 itu, ditahbiskan menjadi imam (pastor) di Manado 7 Mei 2022 lalu.

Untuk diketahui, Misionaris Hati Kudus Yesus (MSC) adalah salah satu tarekat atau kongregasi religius atau ordo keagamaan Katolik.

Ketua Panitia misa syukur, Elias Mite saat ditemui Surya Papua di SP-3 Sabtu (28/5) menjelaskan, selama kurang lebih 35 tahun, masyarakat Flobamora di Kabupaten Merauke baru pertama memiliki pastor  dari tarekat MSC.

Oleh karena puluhan tahun baru mendapatkan, maka keluarga besar Flores, Sumba Timor dan Alor (Flobamora) di Kabupaten Merauke melakukan misa syukur bersama.

Dalam perayaan misa syukur yang berlangsung besok, akan dihadiri juga Bupati Merauke, Romanus Mbaraka serta tamu undangan lain.

“Kami sangat mengharapkan kedatangan atau kehadiran bapak bupati, termasuk juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) serta tamu undangan lain,” ungkapnya.

Untuk rangkaian acara besok sampai menuju ke misa syukur dimulai dari prosesi penjemputan di biara MSC. Lalu semua pastor dan suster bersama dengan imam baru serta para sesepuh Flobamora  dan para sopir melakukan perarakan hingga SP-3 dimulai pukul 11.00 WIT.

Setelah tiba di  kampung kelahiran Pastor Robertus, beristirahat bersama pastor serta sesepuh Flobamora di rumahnya.  Beberapa saat kemudian, akan dijemput dengan adat Timor, Ende Lio, Lamaholot, Maumere dan ditutup terakhir tarian adat Papua. “Kita harus menghargai  juga pemilik ulayat di negeri ini,” katanya.

Usai penerimaan dari tiap etnis, imam baru diserahkan oleh keluarga kepada gereja. “Kami yakin dan percaya bahwa dia akan menjadi pelayan bagi umat dimana saja bertugas,” ungkap Mite yang juga Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Merauke.

Dari situ dilanjutkan  misa syukur tepat pukul 15.00 WIT  yang dipimpin imam baru didampingi kurang lebih sepuluh konselebran.

Menyinggung tentang undangan yang telah disebarkan panitia, Mite mengaku kurang lebih 700 dengan tujuan ke keluarga Flobamora di kota (masing-masing tungku) dan juga dari lokasi termasuk  Fobamora Boven Digoel.

“Ya, mudah-mudahan ini adalah kebangkitan masyarakat NTT di Kabupaten Merauke,” katanya.

“Saya atas nama panitia menyampaikan banyak terimakasih atas sumbangan moril maupun materil dari seluruh pengurus Flobamora  baik dari Merauke maupun Boven Digoel, juga Ketua Flobamora Provinsi Papua, Sulaeman Hamzah,” ujarnya.

Lebih utama lagi, demikian Mite, Pemerintah Kabupaten Merauke dibawah kepemimpinan Romanus Mbaraka-H. Riduwan yang memberikan dukungan  untuk syukuran imam besok.

“Terimakasih lagi buat keluarga Bapak Romanus Romanus Mbaraka yang memberikan support,” katanya.

Selain itu, juga dukungan aparatur sipil negara (ASN) Flobamora Kabupaten Merauke yang terlibat langsung dalam persiapan misa syukur imam baru ini.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *