Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sorong Menggandeng TSE Group Adakan Pelatihan Berbasis Kompetensi Kepada Orang Asli Papua

TSE GROUP205 views

Boven Digoel, Suryapapua.com–  Dalam rangka percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)  Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan  beserta Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong bekerjasama dengan Tunas Sawa Erma (TSE) Group mengadakan pelatihan berbasis kompetensi non institusional dengan program pelatihan service sepeda motor sistem injeksi dan mekanik motor tempel kepada OAP ( Orang Asli Papua) yang berada di Wilayah Kerja TSE Group.

Pembukaan secara resmi pelatihan berbasis kompetensi non institusional/Tailor Made Training (TMT) yang dihadiri perwakilan dari Disnakertrans Merauke dan BPVP Sorong serta pihak perusahaan ini ditandai melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara TSE Group dan BPVP Sorong disaksikan langsung 32 orang peserta pelatihan dengan usia produktif di Ruang Training TSE Group, Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoe pada Selasa (23/5).

Puluhan peserta yang nota bene adalah orang asli Papua mengikuti pelatihan – Surya Papua/IST
Puluhan peserta yang nota bene adalah orang asli Papua mengikuti pelatihan – Surya Papua/IST

“Program Kerjasama ini dalam rangka implementasi INPRES No 9 tentang percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami berharap bahwa program pelatihan ini bisa berdampak kepada peningkatakan SDM (Sumber Daya Manusia) masyarakat yang berada wilayah Boven Digoel,” ungkap Rahman Arsyad, RT, MSP Kepala BPVP Sorong saat diwawancara.

Dikatakan, pihaknya dari Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas setiap tahun melaksanakan pelatihan sekaligus sertifikasi sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi masyarakat.

Semoga para peserta yang mengikuti training bisa mendapatkan manfaat dari pelatihan ini sehingga  bisa mendapatkan keterampilan kompetensi yang dapat menjadi bekal untuk dapat digunakan dalam dunia kerja.

32 peserta pelatihan ini akan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok untuk program pelatihan service sepeda motor sistem injeksi dan kelompok program pelatihan mekanik motor tempel.

Aktivitas pembongkaran motor untuk diperbaiki – Surya Papua/IST
Aktivitas pembongkaran motor untuk diperbaiki – Surya Papua/IST

Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama 20 hari kerja di bawah bimbingan dua orang instruktur dari BPVP Sorong di tempat pelatihan yang difasilitasi TSE Group.

Daniel Sim Ayomi,S,Sos,S.H,MPA,  DGM PPA MGT menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini adalah agar peserta memiliki keahlian khusus, sehingga nantinya ketika selesai pelatihan dapat mencari pekerjaan di luar atau membuka usaha sendiri.

“Saya berpesan agar peserta pelatihan dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan ini dengan baik sehingga ilmu yang didapatkan bisa diterapkan guna meningkatkan perekonomian di kemudian hari” Ungkapnya.

Anacletus Kinombai, salah satu anak muda Papua yang sangat antusias mengikuti pelatihan menyampaikan,”Terima kasih kepada pihak perusahaan dan Disnakertrans atas program pelatihan yang telah diadakan bagi kami anak anak muda Papua agar memiliki skill dalam suatu bidang yang dapat digunakan dalam dunia kerja maupun usaha.”

TSE Group merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Penulis : Fionnny

Editor   : Frans Kobun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *