Di Masjid Nurul Huda Kartosentanan Mopah Lama, 15 Hewan Kurban Disembelih, Diluar Bantuan Presiden RI

Laporan Utama160 views

Merauke, Suryapapua.com– Pada moment Hari Raya Idul Adha 1445 H tahun 2024, Masjid Nurul Huda Kartosentanan Mopah Lama menyembelih atau memotong 15 hewan kurban baik sapi maupun kambing.

Sedangkan bantuan sapi Presiden RI, Joko Widodo, dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH)  dan diserahkan dalam bentuk bungkusan daging.

Hal itu disampaikan  Ketua PKM Masjid  Nurul Huda Kartosentanan Mopah Lama-Merauke, Gunawan  kepada sejumlah wartawan Senin (17/06/2024). Menurutnya, selain sumbangan dari jamaah, juga bantuan dari Presiden Jokowi serta Bupati Merauke, Romanus Mbaraka.

“Terimakasih banyak untuk Bapak Presiden Jokowi, Bapak Bupati Merauke serta jamaah yang telah memberikan sumbangan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini,” ungkapnya.

Khusus bantuan  sapi Presiden Jokowi, jelasnya, sebagai bukti nyata  bahwa pemerintah peduli dengan para jamaah disini. “Kami merasa sesuatu hal yang sangat luar biasa dan membahagian dengan bantuan sapi Bapak Presiden Jokowi,” ungkapnya.

Untuk pemotongan hewan kurban, setiap tahun dilakukan disini, karena tempatnya telah memenuhi standard dari  Dinas Peternakan Kabupaten Merauke.

“Memang sebelum pemotongan, tim dari dinas terkait melihat lokasi atau tempat serta pemeriksaan  hewan kurban,” ujarnya.

Khusus pendstribusian daging kurban,  oleh pantia ke rumah-rumah dengan  berat perplastik 1,5 kilogram.

Ditambahkan, jumlah hewan kurban tahun ini, jauh lebih banyak, termasuk bantuan Presiden RI, Jokowi dibandingkan tahun lalu, hanya  7 ekor.

Sembelih 12 Hewan Kurban

Hewan kurban sedang dipotong panitia untuk siap dimasukan dalam kantong plastic sekaligus dibagikan – Surya Papua/Frans Kobun
Hewan kurban sedang dipotong panitia untuk siap dimasukan dalam kantong plastic sekaligus dibagikan – Surya Papua/Frans Kobun

Sementara di Masjid Al Hikmah Bampel, sebanyak 12 hewan kurban baik sapi maupun kambing disembelih yang merupakan bantuan atau sumbangan  para jamaah.

Ketua Panitia Kurban Masjid Al Hikmah Bampel, Anton Prasetyo mengatakan, jumlah tahun ini berkurang dibandingkan tahun lalu sebanyak 14 ekor.

“Kami juga melakukan pemotongan hewan kurban di samping masjid, karena lebih cepat dibandingkan di RPH yang memakan waktu lama dan tak sesuai harapan panitia,” jelasnya.

Jumlaah penerima daging kurban 1.200 orang yang  berada di  seputaran Masjid Bampel, jamaah, pendatang termasuk orang asli Papua. Sedangkan berat daging dalam kemasan plastik kurang lebih 1 kilogram mulai isi serta tulang.

12 Hewan Kurban Disembelih

Panitia sedang memotong dan mengisi dalam kantong plastic daging kurban- Surya Papua/Frans Kobun
Panitia sedang memotong dan mengisi dalam kantong plastic daging kurban- Surya Papua/Frans Kobun

Ristiono, Sekretaris PKM Masjid Al Taqwa Seringgu mengungkapkan, jumlah hewan kurban baik sapi maupun kambing yang disembelih  adalah sapi 7 ekor dan kambing 5 ekor.

Bantuan hewan kurban tersebut, selain dari Penjabat Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo, juga Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan serta sumbangan jamaah.

“Kami akan bagikan daging kurban kepada 626 jamaah yang tersebar di 6 RT di seputaran Seringgu,” jelasnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *