oleh

66 Anggota Panwas Distrik Dilantik, Oktovina Amtop: ‘Mereka Lulus Seleksi’

Merauke, Suryapapua.com– Kurang lebih  281 calon panitia pengawas (Panwas) pemilu yang mendaftar, telah mengikuti berbagai proses dan atau tahapan seleksi baik tertulis maupun waeancara.

Dari ratusan yang mendaftar, 66 dinyatakan lulus setelah mengikuti beberapa tahapan dimaksud dengan kuota masing-masing distrik tiga orang.

Oleh karena  telah lulus dan membereskan berbagai administrasi, maka secara resmi hari ini Sabtu (29/10)  dilantik di Hotel Halogen. Selain panwas distrik dilantik, juga kepala secretariat tiap distrik.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Merauke, Oktovina Amtop dalam sambutannya mengatakan, Panwaslu diharapkan sebagai garda terdepan yang akan melakukan pengawasan dan penanganan pelanggaran di tingkat distrik masing-masing.

Panwas juga, lanjut Amtop,  dituntut menanamkan integritas dalam melakukan pengawasan penuh saksama dan bersedia melayani dengan baik.

“Tentunya ada kendala dihadapi saat bertugas di lapangan. Namun demikian, perlu dibangun sinergritas bersama tokoh masyarakat, tokoh adat serta kepala kampung. Hal itu perlu dilakukan  untuk  menciptakan sebuah demokratis yang praktis,” katanya.

Lebih lanjut Amtop mengungkapkan, pengawasan dan atau pencegahan tentu harus dilakukan dengan sosialisasi sejak dini kepada masyarakat. Suksesnya pesta demokrasi ada  di tingkat bawah yakni panwas distrik.

“Saya yakin kepada semua panwas yang telah dilantik,  ada sudah berpengalaman meski ada yang baru  bergabung. Meski begitu, semua harus  benar-benar siap menjalankan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan,” pintanya.

Penulis : Yulianus Bwariat

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *