oleh

Tujuh Penumpang Speadboat Selamat, George : Mereka Ditemukan di Perairan Puriri-Timika

Merauke, Suryapapua.com– Speadboat dengan kapasitas 85 PK  yang ditumpangi tujuh penumpang dari Kabupaten Asmat denga tujuan Timika, akhirnya ditemukan Kamis (30/12) sekitar pukul 11.30 Waktu Indonesia Timur (WIT). Semua penumpang selamat, begitu juga speedboat dalam keadaan utuh dan baik.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George LM. Randang  saat dihubungi melalui ponselnya Kamis (30/12) sekitar pukul 21.30 WIT.  “Memang betul, tim SAR gabungan menemukan tujuh penumpang bersama speedboat di perairan Puriri-Timika,” ujarnya.

Saat ditemukan, jelasnya, kondisi speedboat sedang kandas akibat terdampar di perairan dangkal. Seketika juga tim gabungan SAR menyelamatkan mereka, lalu langsung menyerahkan kepada keluarga, karena mereka juga ikut mencari.

Oleh karena  ketujuh penumpang telah ditemukan dan diserahkan kepada keluarga, maka operasi pencarian yang dilakukan tim gabungan SAR dinyatakan selesai.

Dalam kesempatan itu, George menghimbau kepada pengguna speedboat maupun kapal-kapal yang bepergian, agar benar- benar mematuhi standard  dan kelaikan berlayar. Himbauan dari Badan, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sehubungan dengan perkembangan cuaca agar dipatuhi.

“Kenapa saya sampaikan demikian, karena cukup banyak laporan musibah yang masuk di Kantor SAR Timika terutama di  wilayah perairan Selatan Papua,” ujarnya.

Diharapkan  agar pemerintah di dua kabupaten yakni Timika serta Asmat bersinergi bersama melakukan evaluasi dalam rapat koordinasi unsur maritim bersama penyedia usaha transportasi laut  serta semua unsur perkapalan yang sering beraktivitas diperairan tersebut, melalui sosialisasi aturan keselamatan pelayaran. Juga mengecek langsung Kelaikan setiap Kapal maupun ijin berlayar melalui operator guna menekan jumlah kecelakaan.

Penulis :Yulianus Bwariat

Editor   : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *