oleh

Tim Kemenko Maritim dan Investasi Tinjau Kawasan Food Estate

Merauke, Suryapapua.com-Tim Kemenko Maritim dan Investasi RI melakukan kunjungan, sekaligus survey lapangan di kawasan food estate di wilayah  Kabupaten Merauke.

Selain itu, mengetahui sejauhmana progress pengelolaan pertanian terpadu  dan terintegrasi.

Asisten Deputi Planologi, Kehutanan dan Tata Lingkungan Kemenko, Sugeng Harmono, kemarin menjelaskan, kegiatan  dimaksud  guna meneruskan arahan Presiden RI,  Joko Widodo untuk Papua, terutama di wilayah Selatan sehubungan  ketahanan pangan.

Selain itu, jelasnya, Merauke  juga sebagai lumbung pangan nasional dan internasional, persiapan kawasan sentra produksi pangan dengan mengacu dari kebijakan food  estate di Kalimantan Tengah.

Dikatakan, dalam peta wilayah pengembangan kawasan ketahanan pangan Papua, terdapat empat kabupaten yakni Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Keerom.  Sedangkan luas keseluruhan lahan  210.000 hektar dengan komoditas utama yakni padi  serta jagung.

“Kami meminta agar Dinas Kehutanan Provinsi Papua dapat memetakan koordinat wilayah, juga kejelasan status lahan agar semua program  dapat dilaksanakan,” pintanya.

Lalu, katanya, jika ada kendala ditemukan dilapangan, agar dilaporkan. Sehingga menjadi catatan untuk diteruskan ke deputi nanti.

Penulis : Yulianus Bwariat

Editor   : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *