SK Pegawai Dari CPNS ke PNS Formasi 2018 Selesai Ditandatangani, Bupati Merauke: ‘Besok Pagi Saya Serahkan’

Pemerintahan71 views

Merauke, Suryapapua.com– Bupati Merauke, Romanus Mbaraka telah menandatangani semua SK  dari pegawai yang berstatus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk formasi 2018 lalu.

Oleh karena semuanya telah ditandatangani, maka sedianya besok Sabtu (27/5) bertempat di auditorium kantor bupati, akan dilakukan penyerahan secara langsung.

Dari pantauan Surya Papua Jumat (26/5), terlihat Bupati Mbaraka didampingi sekretaris pribadinya, Corneles Upessy serta beberapa staf bupati, sedang menandatangani ratusan berkas di ruangan kerja di kediamannya dari pagi hingga siang hari.

“Betul hari ini saya tandatangani semua SK pegawai dari CPNS ke PNS untuk formasi 2018 yang kelulusannya 190×2. Besok pagi saya serahkan secara langsung agar mereka dapat melaksanakan tugas pelayanan kepada rakyat,” ungkap Bupati Mbaraka dikediamannya.

Jadi, lanjut Bupati Mbaraka, urusan formasi CPNS 2018 sudah selesai dan atau final.

Dikatakan, CPNS yang menerima SK PNS, diantaranya yang sesungguhnya diumumkan tak lulus, namun diluluskan, juga yang tidak diumumkan nama-namanya tetapi sesungguhnya mereka lulus saat pelaksanaan testing.

“Total seluruhnya SK yang akan diserakan formasi 2018 kepada PNS adalah 380,” katanya.

Untuk diketahui saja, 190 yang dinyatakan tidak lulus namun diluluskan itu masih pada periode Bupati-Wakil Bupati Merauke, Frederikus Gebze-Sularso.

Setelah tahun 2021, Romanus Mbaraka-H. Riduwan dilantik, persoalan tersebut ‘menguap’ ke permukaan. Aksi protes pun dilancarkan ratusan orang ke kantor bupati.

Saat itu, Romanus Mbaraka hanya menyampaikan, “Silahkan kalian pulang semua. Banyak berdoa, serahkan kepada saya mengatur dan atau menindaklanjuti.”

Doa serta harapan ratusan orang, akhirnya terjawab. Dengan caranya sendiri, Romanus Mbaraka, anak kampung dari Kalilam, Pulau Terapung Kimaam, ‘menerabas’ masuk hingga menemui langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (Menpan) RI, Tjahyo Kumolo yang saat itu masih hidup, kini sudah almarhum, sekaligus menyampaikan nasib ratusan CPNS tersebut.

Alhasil, dari tutur kata dan penyampaian yang disampaikan diruang kerja Menpan ketika itu, membuahkan hasil, hingga SK ratusan CPNS diterbitkan dan besok mereka menerima SK PNS 100 persen.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *