oleh

Sidak di Distributor, Toko dan Kios, Loka POM Merauke Temukan Ratusan Produk Makanan kadaluarsa

Merauke, Suryapapua.com –Loka POM Kabupaten Merauke menemukan ratusan produk makanan kadaluarsa yang beredar di pasaran baik di tingkat distributor, toko maupun kios jelang hari raya Natal dan Tahun Baru.

Dari hasil sidak di lapangan, ditemukan 139 makanan kadaluarsa yang terpajang pada etalase. Seluruh produk itu, kemudian disita petugas dan dimusnahkan oleh pemilik.

“Itu kan ada di pajangan. Jadi indikasinya mau di jual, karena sebelum mereka memajang tidak periksa terlebih dahulu,” ungkap PFM Ahli Pertama Loka POM Merauke, Naomi Puntu Rantelili kepada Surya papua Kamis (9/12).

Menurutnya, langkah yang dilakukan denngan sidak itu, penting sebelum hari raya Natal dan Tahun Baru. Karena tidak sedikit pedagang maupun distributor nakal nekad menjual makanan kadaluarsa demi meraup keuntungan besar.

“Jadi untuk mengantisipasinya, kami telah melakukan sidak di Merauke dan Mappi, temasuk beberapa distrik lain,” imbuhnya.

Naomi menghimbau agar masyarakat lebih teliti melihat tanggal kadaluarsa barang sebelum membeli.

“Kami minta masyarakat jeli melihat tanggal produksi. Sebab kebanyakan produk makanan yang kami sita, terpajang di etalase. Namun kita belum tahu apakan barang-barang tersebut sudah sempat terjual atau belum,” ungkapnya.

Penulis : Bobby Kurniawan

Editor : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *