oleh

Peringati HUT Kartini, Tim Penggerak PKK Merauke Berbagi Kasih Dengan Penyapu Jalan

Merauke, Suryapapua.com– Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kartini hari ini, 21 April 2022 yang ke-143, Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke melakukan aksi turun jalan dengan menyambangi para penyapu jalan, khususnya wanita yang tersebar dalam wilayah kota.

Aksi berbagi kasih itu berupa bantuan sembako. Dibawah ‘komando’ Ny. Imelda Carolina Mbaraka, Tim Penggerak PKK bergerak mulai pukul 06.00 WIT  menyambangi satu persatu  para penyapu jalan.

Selain berbagi kasih, Ny, Imelda juga menyempatkan waktu  berdialog dengan penyapu jalan yang dilakukan secara terpisah dari satu tempat atau titik saat mereka sedang melakukan aktivitasnya.

Ny. Yohana Mbaraka sedang berdialog dengan ibu ibu penyapu jalan – Surya Papua/IST
Ny. Yohana Mbaraka sedang berdialog dengan ibu ibu penyapu jalan – Surya Papua/IST

Saat ditemui sejumlah wartawan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke, Ny. Imelda Carolina Mbaraka menjelaskan, sehubungan  HUT Kartini, sejumlah agenda atau kegiatan telah dilaksanakan, termasuk lomba pidato tingkat SMA/SMK serta paduan suara beberapa waktu lalu.

“Lalu dalam puncak hari ini, kami menyambangi penyapu jalan, khususnya wanita untuk berbagi kasih dalam bentuk bingkisan sembako. Ini sebagai suatu bentuk kepedulian  kepada mereka yang boleh dikatakan  dilupakan. Padahal peran serta tanggungjawabnya sangat besar menjaga kebersihan sehari-hari dengan menyapu jalan di berbagai titik dalam wilayah kota,” katanya.

Dikatakan, berkat RA Kartini, para wanita di Indonesia dapat melakukan hal sama seperti kaum  laki-laki.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke foto bersama penyapu jalan – Surya Papua/IST
Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke foto bersama penyapu jalan – Surya Papua/IST

Dalam kesempatan itu, Ny. Carolina mengajak seluruh wanita Indonesia, terutama di Kabuaten Merauke  agar tetap bersyukur, karena perjuangan RA Kartini memberikan keleluasaan  kepada wanita terjun di berbagai aspek.

“Wanita dapat bergerak di berbagai aspek mulai dari pendidikan, ekonomi,  politik maupun sosial. Artinya, apa yang telah diperjuangkan ibu kita Kartini,  harus kita lanjutkan sesuai kapasitas dan kemampuan masing-masing,”  pintanya.

Penulis : Yulianus Bwariat

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *