oleh

Perikanan dan Pertanian Jadi Potensi Andalan di Distrik Kontuar Untuk Digenjot

Merauke, Suryapapua.com– Salah satu komitmen yang akan digenjot Kepala Distrik Kontuar,  Kabupaten Merauke, Frederikus Buer adalah bagaimana menggerakkan sekaligus mendorong masyarakat di lima kampung itu untuk fokus dengan perikanan serta pertanian.

Kepada Surya Papua Kamis (29/9), Frederikus Buer mengatakan, khusus bidang perikanan, dari tahun ke tahun sudah digeluti atau dijalani masyarakat sebagai sumber pendapatan.

“Semua orang tahu kalau ikan, kepiting, udang dan lain-lain disana sangat melimpah. Memang yang perlu diatur dan diperhatikan lagi adalah bagaimana pemasaran. Sehingga masyarakat tak mengalami kesulitan,” ujarnya.

Selain perikanan, lanjut Frederikus, juga  pertanian. Di lima kampung itu, lahan sangat cocok untuk membuka areal persawahan.

Khusus di Kampung Sibenda, katanya, masyarakat sudah lama membuka areal persawahan setiap tahun dengan luasan mencapai puluhan hektar.

“Nah, empat kampung lain pasti didorong untuk dibuka dan setiap kepala keluarga diwajibkan satu hektar, namun pengolahan dalam bentuk kelompok,” jelasnya.

Dia juga mengaku terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke agar memberikan dukungan mulai peralatan dan lain-lain.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *