oleh

Pengalihan SMA/SMK ke Kabupaten, Moses Kaibu : ‘Kepsek dan Guru Agar Tak Gelisah’

Merauke, Suryapapua.com– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Moses Kaibu buka suara, setelah adanya pengalihan SMA/SMK ke kabupaten yang selama ini menjadi kewenangan Provinsi Papua.

“Saya kira keputusan pemerintah pusat mengembalikan penanganan SMA/SMK ke kabupaten/kota di Papua, justru sangat memudahkan. Karena para guru akan langsung ditangani  dinas pendidikan di masing-masing kabupaten,” ungkap Moses kepada Surya Papua Senin (20/6).

Jadi, lanjut Moses, pengalihan  ini sangatlah tepat. Karena fakta selama ini ketika penanganan SMA/SMK oleh provinsi, control serta pengawasan terhadap guru di distrik terjauh, tidak berjalan maksimal.

“Saya kira setelah dikembalikan begini, tentu dinas pendidikan di kabupaten akan menata kembali lebih baik, terutama sejumlah sekolah di wilayah orang asli papua (OAP),” ungkapnya.

Moses meminta kepala sekolah maupun guru tak takut,  cemas dan gelisah  ketika ada pengalihan seperti demikian. Karena semua ini demi memperbaiki dan menata kembali dunia pendidikan di Kabupaten Merauke.

Ditanya apakah kecemasan itu karena jabatan kepala sekolah bisa saja dicopot? Moses  menegaskan mungkin juga. Karena dipastikan ketika kewenangan ke kabupaten, maka  penentuan atau penempatan seorang kepala sekolah menjadi hak prerogatif seorang bupati.

“Ya kalau kewenangan kemarin masih di provinsi, guru  atau kepsek disini bisa melobi  ke Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua agar mendapat posisi di sekolah mana saja,” katanya.

Ditambahkan, untuk memanusiakan manusia Indonesia yang cerdas dan  berakhlak baik, maka sangat tepat pengalihan SMA/SMK ke kabupaten. Sehingga  jangakaun dan control lebih baik.

“Lalu satu lagi, para guru atau kepsek, tak harus mengeluarkan biaya besar  melakukan koordinasi lagi ke provinsi. Jadi banyak kemudahan akan didapatkan,” ungkapnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *