Pemkab Merauke Luncurkan Program Pengembangan Ekonomi Hijau Berbasis Marga

Pemerintahan22 views

Merauke, Suryapapua.com– Pemerintah Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan meluncurkan program pengembangan ekonomi hijau berbasis marga.

Peluncuran program di Kampung Wasur  Selasa (10/1/2023)  itu,  dihadiri Bupati Merauke, Romanus Mbaraka serta sejumlah pejabat dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Bupati Mbaraka dalam sambutannya meminta agar obyek wisata tampilannya harus bagus dan menarik pengunjung.

“Pesan saya, ayo kita kerja sungguh-sungguh. Ingat tidak ada orang  datang beri kita makan, kecuali kita kerja, ” tegasnya.

Orang asli Papua (OAP), lanjut Bupati Mbaraka, harus bekerja keras. Modal tanah yang diberikan leluhur, agar dikelola baik untuk hidup berkelanjutan.

“Jangan pernah malu  bekerja untuk merubah hidup. Lalu pesan saya lagi, tanah tak boleh  dijual,” pintanya.

Untuk diketahui, sebanyak 12 kelompok pelaku usaha diKampung Wasur mendapat bantuan modal usaha. Olehnya kepada penerima, harus menggunakan dengan baik, karena anggaran yang diberikan sangat besar, lalu ditambah akses pasar yang cukup dekat.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian Daerah (Perekda) Setda Merauke, Fransiskus Ciwe  mengatakan, sebanyak 52  pelaku usaha  di Kampung Wasur mendapatkan bantuan modal usaha dari dana  otonomi khusus (Otsus) sebesar 600 juta.

“Kami di Perekda hanya menghimpun data pelaku UMKM dari dinas-dinas terkait. Semua a berjumlah 52 pelaku usaha dan kelompok pelaku usaha yang dananya bersumber dari dana Otsus,” ujarnya.

Jumlah yang diterima, demikian Ciwe, bervareasi.  Wasur Kampung  merupakan kampung  pertama  penerima bantuan modal usaha dari Otsus dengan nilai anggaran sangat besar . Olehnya uang dimaksud agar digunakan sesuai peruntukannya,” pinta dia.

Penulis: Yulianus Bwariat

Editor  : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *