Pawai Budaya Digelar, Masyarakat Merauke Tumpah Ruah ke Jalan

Pemerintahan69 views

Merauke, Suryapapua.com– Masyarakat Merauke tumpah ruah ke jalan menyaksikan jalannya pawai budaya dari setiap etnis yang dilaksanakan  Sabtu (13/8) sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77.

Dari pantauan Surya Papua, sejumlah lokasi atau tempat yang dilalui masing-masing etnis dengan pakaian adat masing-masing, menjadi perhatian berbagai kalangan.

Beberapa ruas jalan yang dilalui kendaraan roda dua maupun empat, sementara waktu ditutup.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka kepada sejumlah wartawan usai melepas peserta pawai budaya menjelaskan, oleh karena Indonesia telah pulih dari Covid-19, sehingga masyarakat juga harus bangkit kembali.

“Dengan mempertimbangngakn dan rekomendasi berbagai pihak, maka  hari ini bisa dilaksanakan pawai  budaya  sebagai spirit cinta tanah air dan gerakan Merah Putih yang telah dicanangkan bersama Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian-kemarin,” ujarnya.

“Untuk itu saya minta kita semua ikat persaudaraan dan terus bersemangat membangun Merauke,” pintanya.

Bupati Mbaraka meyakini pemulihan Merauke dari aspek pembangunan akan cepat, karena rakyatnya juga bersemangat.

Dengan hadirnya Provinsi Papua Selatan, lanjutnya, semua harus bangkit dan lebih kuat lagi. “Ya ketika roda pemerintahan berjalan, kewenangan serta urusan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat akan lebih dekat lagi,” katanya.

“Bapak Mendagri telah menyampaikan juga bahwa dengan Provinsi Papua Selatan, akan mempermudah kita mengurus pembangunan, menyelenggarakan pemerintahan serta melayani rakyat,” jelasnya.

Diharapkan dengan pawai budaya yang digelar, semangat orang Merauke bangkit dan pulih kembali membangun daerah tercinta ini untuk kedepan.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *