oleh

Panen Perdana Kebun Masyarakat

Boven Digoel, Suryapapua.com– Kegiatan panen perdana kebun masyarakat (plasma) melalui Koperasi Peran Serta Marga PSM)  dilangsungkan di Divisi 15, Kampung Ujungkia, Distrik Kia, Kabupaten Boven Digoel,

Panen yang berlangsung beberapa waktu lalu itu, merupakan bentuk kewajiban PT Tunas Sawa Erma – B (TSE-B) dalam menfasilitasi  pengerjaan kebun masyarakat sebagaimana diatur dalam undang-undang.

Pelaksanaan panen perdana itu dihadiri pihak perusahaan, pengurus  koperasi dan masyarakat selaku anggota, tokoh agama (pastor) dan tripidis.

Ritual adat dilakukan sebelum proses panen – Surya Papua/IST
Ritual adat dilakukan sebelum proses panen – Surya Papua/IST

Dari rilis yang diterima Surya Papua  Selasa  (27/9), Direktur TSE-B, Mr. Kim In Woog  mengharapkan agar dengan adanya kebun ini, masyarakat terutama pemilik hak ulayat dapat meningkatkan perekonomiannya.

Sementara untuk mengucap syukur atas kegiatan panen perdana kebun, masyarakat setempat, dilakukan derma adat dengan ritual memanah babi yang masih hidup.

Selanjutnya, darah babi akan diusap di blok panen. Acara berlanjut dengan simbolis pemotongan pita yang menandakan bahwa kebun masyarakat  telah berhasil dipanen.

Salah seorang rohaniawan Katolik sedang ikut memanen hasil masyarakat – Surya Papua/IST
Salah seorang rohaniawan Katolik sedang ikut memanen hasil masyarakat – Surya Papua/IST

Ambrosius Yasi,  mewakili  pemilik hak ulayat mengungkapkan, dengan adanya kebun ini, akan memotivasi masyarakat setempat lebih produktif dalam dalam mengelola  hasil kebun melalui koperasi.

Untuk diketahui, TSE-B merupakan anak perusahaan dari TSE Group yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan social.

Penulis : Frans Kobun

Editor    : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *