oleh

Nyata Dibuat, Tak Sekedar Omong, Itulah Romanus Mbaraka, Mama Papua di Yobar Tersenyum Lebar Terima Jaring

Merauke, Suryapapua,com– Saat melakukan dialog  bersama masyarakat Mappi yang berdomisili di Yobar, Kelurahan Samkai,  Jumat (22/7) petang, satu dari sekian banyak yang diminta mama-mama Papua  kepada Bupati Merauke, Romanus Mbaraka adalah bantuan jaring agar bisa digunakan menjaring ikan serta udang.

Permintaan itu  ditanggapi serius Bupati Mbaraka dengan mengatakan beberapa hari kedepan akan  mencari jaring, sekaligus dihantar kesini.  Namun bukan menunggu berhari hari, minggu hingga bulan,  tetapi berselang sehari saja, langsung direalisasikan.

Dimana tepatnya tadi sore Sabtu (23/7) sekitar pukul 17.00 WIT, usai  berdialog  bersama masyarakat di belakang rumah sakit, ia  menuju ke Yobar membawa puluhan jaring.

Rupanya pemberitahuan telah disampaikan, sehingga ketika tiba, belasan mama-mama Papua telah menunggu dengan duduk  bersila di terpal. Sesaat kemudian, datanglah orang nomor satu di Kabupaten Merauke itu, sekaligus berbincang sesaat. Selanjutnya menyerahkan jaring secara simbolis kepada salah seorang mama.

Dua orang mama Papua foto bersama Bupati Merauke, Romanus Mbaraka – Surya Papua/Frans Kobun
Dua orang mama Papua foto bersama Bupati Merauke, Romanus Mbaraka – Surya Papua/Frans Kobun

Dua orang  mama Papua,  Yakoba Teriama dan Margaretha menyampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada Bupati Merauke yang telah membantu jaring.

“Setiap hari kami di laut mencari ikan dan udang. Hanya mengalami kesulitan jaring. Dari tahun ke tahun, kami meminta bantuan jaring ke pemerintah, hanya saja tak dilayani,” kata Mama Yakoba.

“Baru kali ini dibawah kepemimpinan Bapak Romanus Mbaraka, baru bisa membantu.  Tidak tahu dengan bahasa apa lagi kami sampaikan untuk Bapak Romanus yang begitu perhatian dengan langsung memberikan bantuan jaring. Padahal baru kemarin kami usulkan,” ungkapnya.

Hal serupa disampaikan Mama Margaretha. “Satu saja saya sampaikan, terimakasih banyak Bapak Romanus Mbaraka, karena telah mendengar keluhan kami orang kecil,” tuturnya.

“Kami punya harapan hidup di laut. Dengan menjaring ikan dan udang, sekaligus dijual untuk mendapatkan uang, lalu dimanfaatkan membeli kebutuhan hidup sehari-hari,” ungkapnya.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengatakan, jaring yang dibawanya, belum mencukupi  didapatkan semua  warga Mappi di Yobar.

“Jadi saya minta agar dilakukan pendataan secara baik. Apabila sebagian belum mendapatkan, bisa disampaikan. Sehingga dibantu. Saya pasti akan turunkan jaring lagi,” katanya.

Bagi yang sudah mendapatkan, agar digunakan dan atau dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mencari di laut.

“Lalu nanti saya bina. Siapa yang mendapat hasil dari jaring, dijual kemana saja. Dan, ketika ada kekurangan modal, pemerintah  pasti membantu,” ungkapnya.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *