Lobi Anak Kampung Kalilam Dengan Menteri Perdagangan RI ‘Berbuah Manis,’ Pasar Mama-Mama Papua Segera Dibangun

Pemerintahan137 views

Merauke, Suryapapua.com– Atas kerja keras dan lobi yang dibangun Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, anak kampung kelahiran Kalilam-Pulau Terapung Kimaam dengan Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan di Jakarta beberapa waktu lalu, berbuah manis.

Dimana akan segera direalisasikan pembangunan pasar Mama-mama Papua  di Blorep, Kelurahan Kamundu, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan tahun ini.

Saat ditemui sejumlah wartawan, kemarin, Bupati Mbaraka mengungkapkan, anggaran pembangunan pasar mama-mama Papua itu bersumber dari Kementerian Perdagangan RI.

“Saya bertemu  langsung Pak Menteri Zulkifli di kediamannya di Jakarta. Dari hasil pembicaraan,  pak menteri meresponi dengan cepat pembangunan pasar Mama Papua yang berlokasi di Blorep,” jelasnya.

Untuk lahan, jelasnya, telah dilakukan pembebasan oleh Pemkab Merauke.

Sedangkan  besarnya anggaran, demikian Bupati Mbaraka, kurang lebih Rp 4 milyar. Hanya masih naik turun. “Memang dalam pembahasan sudah final Rp 4 milyar, tetapi kita harapkan bisa naik hingga Rp 11 milyar,” ungkapnya.

Pasar mama-mama Papua yang akan dibangun di atas lahan 3 hektar itu, akan menjual berbagai kebutuhan mulai dari bahan kering, basah hingga kelontongan. Nanti akan diatur agar lebih tertib.

“Kenapa saya pilih dibangun di Blorep, karena kedepan daerah tersebut merupakan akses utama jalur transportasi,” ujarnya.

“Nanti pemerintah mengatur akses transportasi, seperti arah dari kota harus melalui jalur Blorep. Sedangkan dari arah Tujuh Wali-Wali  melalui Jalan kuda mati. Itu  waktu panjang sistem transportasi kota,” katanya.

Penulis: Yulianus Bwariat

Editor  :  Frans Kobun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *