Koperasi Iska Bekai Bantah Tudingan Miring Soal Pembangunan Kebun Plasma

Ragam80 views

Merauke, Suryapapua.com– Koperasi Iska Bekai membantah adanya tudingan miring sehubungan dengan rencana untuk pembangunan kebun plasma (kebun masyarakat) di lahan milik PT Dongin Prabhawa yang merupakan bagian dari Tunas Sawa Erma (TSE) Group.

Bantahan itu disampaikan Ketua Koperasi Iska Bekai, Abraham E. Yolmen dalam rilisnya yang diterima Surya Papua Selasa (30/5). Menurut Yolmen, pihaknya telah menjelaskan rencana pembangunan kebun masyarakat  yang disampaikan pada acara  stakeholders meeting di salah satu hotel di Merauke dihadiri berbagai pemangku kepentinggal tanggal 14 Pebruari 2023 lalu.

“Koperasi Iska Bekai telah mencapai kesepakatan dengan para pemangku kepentingan untuk mengelola sendiri lahan untuk pembangunan kebun plasma,” ungkap Abraham.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka sedang memukul tifa sekaligus membuka kegiatan tersebut – Surya Papua/IST

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka sedang memukul tifa sekaligus membuka kegiatan tersebut – Surya Papua/IST

Hasil kesepakatan tersebut, lanjut Abraham, melalui rapat bersama pemangku kepentingan ketika itu.

Diikatakan, beberapa pihak hadir pada stakeholders meeting tersebut antara lain Bupati Merauke,  Romanus Mbaraka, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Benjamin Latumahina, pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda Kabupaten Merauke, DPMPTSP, Dinas Koperasi, Komisi Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke, Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Merauke dan berbagai instansi terkait lain termasuk sejumlah awak media.

Koperasi Iska Bekai yang didirikan berdasarkan Akta Pendirian Koperasi Nomor 31, tanggal 13 Februari 2016, beralamat di Kampung Nakias Distrik Ngguti Kabupaten Merauke merupakan pihak yang memiliki otoritas dalam mengelola pembangunan kebun masyarakat (kebun plasma) di lahan PT Dongin Prabhawa.

Olehnya, Abraham Yolmen meminta dukungan dan bantuan dari semua pihak agar proses realisasi pembangunan kebun plasma ini dapat terlaksana dengan baik dan kepada pihak-pihak yang tidak memiliki kepentingan untuk segera menghentikan praktik-praktik penyebarluasan informasi yang menyesatkan.

“Keputusan dalam pengelolaan pembangunan plasma secara mandiri adalah mutlak dimiliki oleh Koperasi Iska Bekai,” tegas Abraham Yomen.

 Penulis : Frans Kobun

Editor  : Frans Kobun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *