Gulat Bob dan Panahan, Olahraga Tradisional Yang Harus Dikembangkan

Pemerintahan155 views

Merauke, Suryapapua.com– Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengatakan, gulat bob maupun panahan tradisional harus terus dikembangkan dalam setiap ivent. Karena itu merupakan warisan leluhur yang wajib hukumnya ‘ditularkan’ kepada generasi berikut.

Hal itu disampaikan Bupati Mbaraka kepada sejumlah wartawan Kamis (3/2). Menurutnya, pemerintah setempat  sedang berupaya melestarikannya kembali melalui ivent-ivent penting yang melibatkan pihak swasta.

“Memang beberapa olahraga tradisional ini adalah warisan leluhur dan harus terus dikembangkan dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Bupati Mbaraka, kegiatan seperti begini, terus dikembangkan. “Memang pada saat memimpin periode pertama 2011-2016, ivent begini melibatkan masyarakat lokal. Sekaligus  menjaring bibit atlet yang siap diberdayakan untuk ajang  di tingkat lebih tinggi,” katanya.

Bupati mencontohkan, ivent sepak bola melibatkan juga pihak swasta untuk  menjaring anak usia dini di tingkat kabupaten, distrik hingga sampai kampung.

Selain itu, juga olahraga basket. Sejumlah atlet telah berkiprah hingga tingkat nasional. “Kita mempunyai banyak atlet potensial. Tinggal saja bagaimana peran pemerintah untuk terus mengembangkan dan atau melaksanakan secara kontinyu,” ungkapnya.

Penulis : Yulianus Bwariat

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *