Dalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Kuat

TSE GROUP115 views

Boven Digoel, Suryapapua.com–  Mina, seorang ibu dari Kampung Asiki, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan terlihat menemani anaknya, si kecil Sean untuk berobat.

Dengan berjalan kaki ibu dan anak ini pergi ke Klinik Asiki untuk memeriksakan Sean yang sedang demam dan kurang nafsu makan.

Mina hanyalah salah satu dari sekian banyak orang yang menikmati layanan Klinik Asiki. Sebelum dibangun dan diperbesar seperti saat ini, masyarakat Asiki selalu bergantung pada layanan puskesmas keliling.

Salah seorang dokter sedang melakukan pemeriksaan terhadap anak – Surya Papua/IST
Salah seorang dokter sedang melakukan pemeriksaan terhadap anak – Surya Papua/IST

“Dahulu, orang-orang yang ingin berobat hanya menunggu layanan puskesmas keliling datang ke kampung-kampung mereka. Jadi mereka tidak keluar dari kampung,” ujar dr. Firman Jayawijaya, Manager Klinik Asiki.

Klinik Asiki merupakan klinik pratama modern dengan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang memadai. Di Klinik yang mulai beroperasi sejak 1994 ini, terdapat ruang bersalin, IGD, ruang perawatan bayi, dan laboratorium.

Pelayanan Klinik Asiki juga diperkuat dengan keberadaan tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, perawat gigi, bidan, apoteker dan rekam medik.

Fasilitas lengkap dan letaknya yang strategis karena berada dijalur sentral dari tiga distrik yakni Jair, Kia dan Subur menjadikan Klinik Asiki sebagai klinik rujukan bagi puskesmas di sekitar area tiga distrik tersebut sebelum dilanjutkan ke rumah sakit rujukan. Biasanya ke RSUD Merauke atau RSUD Boven Digoel.

Seiring berjalannya waktu, Klinik Asiki memperluas pelayanannya dengan membantu Puskesmas Jair menyelenggarakan kegiatan posyandu.

“Posyandu ini di mulai dari pagi hingga selesai dan dibagi ke dalam dua sesi pelayanan. Pagi untuk anak perempuan dan siang untuk anak laki-laki, pasalnya kami melayani lebih dari 100 anak masyarakat yang datang dari beberapa kampung,” jelas dokter Firman.

Masyarakat Asiki yang sedang antri untuk berkonsultasi sekaligus berobat – Surya Papua/IST
Masyarakat Asiki yang sedang antri untuk berkonsultasi sekaligus berobat – Surya Papua/IST

Posyandu merupakan salah satu program kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama pada kelompok ibu dan anak.

Posyandu memiliki tujuan untuk menekan angka kematian ibu, bayi maupun balita yang sejalan dengan visi Klinik Asiki.

Pembangunan Klinik Asiki merupakan sebuah persembahan perusahaan Tunas Sawa Erma (TSE) Group untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bermukim di kawasan Kabupaten Boven Digoel, terutama dalam sektor kesehatan.

TSE Group sebagai perusahaan yang menerapkan bisnis perkebunan kelapa sawit yang sustainable selalu berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Corporate Social Contribution (CSC) yang berfokus pada pengembangan lingkungan sosial masyarakat.

Penulis : Fionny

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *