oleh

Cuaca di Perairan Arafura Buruk, 10 ABK KM Setia Makmur 06 Dievakuasi

Merauke, Suryapapua.com– 10 anak buah kapal (ABK) KM Setia Makmur 06 yang selamat, setelah musibah tenggelamnya kapal tersebut pekan lalu, terpaksa dievakuasi, mengingat cuaca di perairan Arafura memburuk.

Kesepuluh ABK itu diantaranya Rusli, Dedi Riyanto, Subekhi, Agus Priyono, Diroh, Dian Andreansah, Mubarok, Jaeni, Ali Sodikin dan Hanif Setiawan.

Dari rilis yang diterima Surya Papua Selasa (5/7) malam, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, Supriyanto Ridwan menjelaskan, siang tadi, pemilik kapal atas nama Hery berhasil menghubungi  kapten kapal KM Sinar Mas  01.

Dari komunikasi itu, disampaikan kalau kesepuluh korban yang selamat, terpaksa dievakuasi dan tak bisa bertahan lagi di atas kapal mengingat kondisi cuaca di perairan Arafura memburuk.

“Jadi, korban selamat dievakuasi ke Dobo dan diperkirakan besok  tiba disana,” ujarnya.

Sementara operasi SAR hari ini untuk melakukan pencarian 15 ABK hilang melibatkan unsur KM Sinar Mas 01, KM Jaya Sejahtera 66, KM Pulau  Muara 88 dan KRI Teluk Wondama-527. Untuk luas area pencarian adalah  2830 NM2.

“Betul KRI Teluk Wondama telah tiba di lokasi kejadian menjelang siang dan  langsung bergabung dengan tim  melakukan penyisiran di area yang sudah ditentukan,” katanya.

Cuaca di lapangan berdasarkan pemantauan BMKG dilaporkan hujan dengan tinggi gelombang berkisar antara 2,5 meter hingga 4 meter serta kecepatan angin  35 knot.

Hingga pukul 18.00 WIT, pencarian di lokasi belum membuahkan hasil, lantaran jarak pandang sangat terbatas. Sehingga tim menghentikan sementara dan akan dilanjutkan besok.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *