TSE Group Dukung Panen Perdana di Lahan Kebun Praktek SMK Negeri 4 Boven Digoel

TSE GROUP72 views

Boven Digoel, Suryapapua.com–  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Boven Digoel berhasil  melakukan panen perdana hasil kebun tanaman palawija berupa sayur- sayuran di lahan kebun praktek yang berlokasi di Camp 19, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan, kamis (4/5).

Lahan kebun praktek seluas 525 m2 yang difasilitasi oleh Tunas Sawa Erma (TSE) Group ini merupakan hasil kerjasama dengan Pihak Sekolah SMKN 4 Boven Digoel yang disepakati pada bulan Maret tahun 2023 lalu.

Selanjutnya lahan kebun praktek ini dimanfaatkan sebagai sarana tempat pelatihan dalam budidaya dan pengelolahan tanaman kebun (hortikultura) secara modern dan efektif bagi pelajar SMKN 4 Boven Digoel.

Sejumlah siswa sedang panen sayur-sayuran jenis kangkung – Surya Papua/IST
Sejumlah siswa sedang panen sayur-sayuran jenis kangkung – Surya Papua/IST

Dalam kurun waktu  dua bulan, tanaman pangan yang telah dibudidaya dan dikelola baik oleh pelajar SMKN 4 Boven Digoel di lahan kebun praktek ini berhasil panen perdana.

Dalam kegiatan panen perdana ini turut hadir pihak TSE Group yang diwakili oleh Mr. Seo Min Woo selaku Manager Umum PT TSE A berserta jajarannya yang bersama-sama pihak sekolah menuai hasil panen tanaman palawija seperti kacang panjang dan sayur kangkung.

“Kami berharap dukungan yang diberikan oleh pihak perusahaan ini dapat memberikan motivasi kepada adik – adik untuk terus mengembangkan setiap skill yang telah dipelajari seperti teknik bercocok tanam melalui praktek berkebun, agar kedepannya ilmu tersebut dapat diterapkan dalam dunia pekerjaan maupun usaha mandiri,” ungkap Deny Wasa, Manager TSE A yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Panen kacang panjang oleh perwakilan perusahan bersama guru – Surya Papua/IST
Panen kacang panjang oleh perwakilan perusahan bersama guru – Surya Papua/IST

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMKN 4 Boven Digoel Bambang Sulistiyono  memberikan apresiasi kepada pihak perusahaan yang telah menunjukan dukungannya terhadap program – program inovatif dibidang pendidikan yang ditunjukan melalui penyediaan lahan kebun praktek dan fasilitas berkebun.

Pasalnya, menurut Bambang, memberikan dorongan semangat terhadap para siswa/i yang sedang menekuni bidang studi agribisnis dan agroteknologi tersebut.

TSE Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Penulis : Fionny

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *