TSE Group Beri Layanan Kesehatan Gratis di Kampung Aiwat

TSE GROUP90 views

Boven Digoel, Suryapapua.com- Tim medis dari PT Berkat Cipta abadi (BCA) yang merupakan unit usaha TSE Group melaksanakan kegiatan baksos kesehatan di Kampung Aiwat, Distrik Subur, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan, Selasa (25/06/2024).

Kampung Aiwat merupakan salah satu kampung di pedalaman Papua yang sulit di jangkau dan memiliki keterbatasan terhadap akses dan fasilitas pelayanan kesehatan.

Kenyataan ini membuat masyarakat kampung Aiwat harus menempuh perjalanan yang memakan waktu lama melalui transportasi air untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di klinik dengan fasilitas kesehatan yang lebih baik.

Kesulitan-kesulitan tersebut yang mendasari tim medis dari Tunas Sawa Erma (TSE) Group rutin melakukan mobilisasi untuk melaksanakan bakti sosial (Baksos) kesehatan ke kampung-kampung di pedalaman Papua guna memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada masyarakat.

Baksos kesehatan di hari itu dilayani langsung oleh dr. Rizal Irsan dan tim medis dari klinik PT BCA.

Gerakan menyikat gigi yang baik dan benar oleh anak-anak kampung Aiwat salah satu bentuk PHBS – Surya Papua/IST
Gerakan menyikat gigi yang baik dan benar oleh anak-anak kampung Aiwat salah satu bentuk PHBS – Surya Papua/IST

Pada kesempatan tersebut, dr. Rizal Irsan juga memberikan edukasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat salah satunya pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi terutama bagi anak-anak dimasa pertumbuhan dengan mengetahui cara menyikat gigi yang benar dan baik dan dilakukan secara rutin.

Dari hasil pemeriksaan dan pengobatan, dr. Rizal Irsan menemukan bahwa banyak masyarakat yang mengalami tekanan darah tinggi.

Selain itu, hampir semua masyarakat yang berusia diatas 50 tahun mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam darah serta peningkatan kadar asam urat.

Keluhan lain yang sering di temui dari masyarakat adalah sakit pinggang dan sakit di lutut, yang disebabkan oleh aktivitas fisik sehari-hari yang cukup berat.

“Saya berharap kedepannya, masyarakat kampung Aiwat senantiasa menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar selalu dalam keadaan sehat walafiat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya,” ungkap dr. Rizal Irsan.

Ia juga menyarankan kepada masyarakat tidak lupa untuk berkonsultasi dengan dokter jika memerlukan pengobatan lebih lanjut sehingga dapat membantu mereka untuk ke tahap penanganan berikutnya dan mencegah kondisi kesehatan yang lebih serius.

Kegiatan bakti sosial ini mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat, salah satunya dari Kaitanus Tinggin, Sekretaris Kampung Aiwat.

“Terimakasih kepada perusahaan karena kegiatan ini sudah cukup membantu kami untuk memenuhi kebutuhan berobat dan berharap kedepannya kegiatan ini bisa berlanjut lagi,”  pintanya.

Salah seorang warga sedang menerima pbat dari tenaga medis usai melakukan pemeriksaan kesehatan – Surya Papua/IST
Salah seorang warga sedang menerima pbat dari tenaga medis usai melakukan pemeriksaan kesehatan – Surya Papua/IST

 

Dalam menjalankan Bisnis perkebunan kelapa sawit, TSE Group terus berkomitmen dan berinovasi dalam menjaga keseimbangan terhadap keberlanjutan Lingkungan dan Sosial melalui program Corporate Social Contribution (CSC).

Penulis :  Besse

Editor   : Frans Kobun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *