PT Papua Agro Lestari Kampanye Pelestarian Lingkungan di Kampung Guiss

TSE GROUP245 views

Merauke, Suryapapua.com–  Dalam upaya menjaga kelestarian flora & fauna di hutan Papua, PT Papua Agro Lestari (PAL) melaksanakan kegiatan kampanye pelestarian lingkungan kepada masyarakat Kampung Guiss Rawa Kasat, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan Sabtu (24/6).

Melalui kegiatan ini, PT PAL mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam melestarikan dan melindungi tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi pada kawasan hutan lindung atau Kawasan Bernilai Konservasi Tinggi (KBKT) di sekitar PT PAL.

Kampanye pelestarian lingkungan merupakan bagian dari program Corporate Social Contribution (CSC) dan ISPO (Indonesia Sustainable Plam Oil) dalam upaya mewujudkan standar pelestarian lingkungan pada industri kelapa sawit seperti yang terdapat dalam UU Nomor 5 KSDAE Tahun 1990.

Sejumlah anak sedang diberikan pemahaman melalui gambar flora dan fauna yang harus dilindungi – Surya Papua/IST
Sejumlah anak sedang diberikan pemahaman melalui gambar flora dan fauna yang harus dilindungi – Surya Papua/IST

Kegiatan diawali dengan pemasangan papan informasi pelestarian flora dan fauna di kawasan hutan lindung yang dilakukan oleh pihak perusahaan bersama masyarakat. Kemudian  dilanjutkan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pelestarian flora & fauna dengan cara yang kreatif melalui gambar – gambar tumbuhan dan hewan endemik yang ada di wilayah PT PAL seperti  tumbuhan mersawa, eukaliptus, meranti tembaga serta burung cendrawasih, kakatua dan Kasuari.

“Pemasangan papan informasi pelestarian flora dan fauna, merupakan upaya yang dilakukan oleh pihak perusahaan kepada masyarakat agar  lebih mengenal dan mengetahui keberadaan flora dan fauna yang dilindungi, endemik dan terancam punah sehingga masyarakat turut berpartisipasi dalam melindungi keberadaan flora dan fauna yang berada pada kawasan lindung atau Kawasan Bernilai Konservasi Tinggi (KBKT) di sekitar PT PAL,” ungkap Raja Surya Pangestu Aritonang, Asisten Manajer HCV – ISPO TSE GROUP.

Tiang yang dibangun untuk pemasangan gambar hewan endemic – Surya Papua/IST
Tiang yang dibangun untuk pemasangan gambar hewan endemic – Surya Papua/IST

Glen Maikuin, Tokoh Pemuda Kampung Guiss mengatakan,”Saya mewakili masyarakat Kampung Guiss Rawa Kasat yang ikut berpartispasi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pihak perusahaan dan berharap dapat berkelanjutan.”

PT  PAL merupakan unit usaha dari TSE Group yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Penulis : Fionny

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *