Pemasangan Papan Himbauan, Wujud Kepedulian PT PAL Terhadap Keanekaragaman Hayati di Bumi Cenderawasih

TSE GROUP19 views

Merauke, Suryapapua.com–  Tanah Papua merupakan rumah besar bagi keanekaragaman hayati di Indonesia.

Menurut Jurnal Nature, Pulau Papua memiliki 13.634 spesies yang terkelompok ke dalam 1.742 genus dan 264 famili dengan tingkat endemisitas mencapai 68% (Camara-Leret et al., 2020).

Jumlah tersebut membuktikan secara ilmiah bahwa Pulau Papua merupakan pulau dengan tingkat keanekaragaman jenis tumbuhan dan hewan tertinggi di dunia.

Sebagai upaya dalam menjaga keanekaragaman hayati tersebut, PT Papua Agro Lestari (PAL) melalui program Corporate Social Contribution (CSC) melakukan pemasangan papan himbauan kawasan lindung flora dan fauna hutan alam di Kampung Guiss Rawa Kasat, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan awal Januari.

Papan sedang diangkat  oleh masyarakat bersama pihak perusahan untuk dipancangkan – Surya Papua/IST
Papan sedang diangkat oleh masyarakat bersama pihak perusahan untuk dipancangkan – Surya Papua/IST

Pihak perusahaan mengajak masyarakat setempat untuk ikut terlibat dalam kegiatan pelestarian lingkungan ini. Untuk diketahui mayoritas masyarakat mencari kebutuhan pangan mereka dengan mengandalkan hasil hutan.

Oleh sebab itu dengan adanya pemasangan papan himbauan, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih melestarikan ekosistem didalam kawasan hutan yang berada diluar area perusahaan.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak perusahaan yang sudah peduli terhadap hutan alam di kampung kami,” ungkap Glen Payes Maikuin selaku perwakilan masyarakat Kampung Guiss.
PT PAL merupakan anak perusahaan TSE Group yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua  yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *