Panen Perdana Timun di Kebun Percontohan Masyarakat Milik TSE Group

TSE GROUP146 views

Boven Digoel, Suryapapua.com–  Tunas Sawa Erma Group (TSE Group) merayakan panen perdana di kebun percontohan Camp 19, Distrik Jair, Boven Digoel,  Provinsi Papua Selatan Jumat (24/3).

Kegiatan ini dihadiri guru dan  Kepala Sekolah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri 4 Boven Digoel yang turut berpartisipasi dalam panen perdana ini.

Kegiatan panen timun yang dilakukan karyawan TSE Group bersama guru di SMKN 4 Boven Digoel – Surya Papua/IST
Kegiatan panen timun yang dilakukan karyawan TSE Group bersama guru di SMKN 4 Boven Digoel – Surya Papua/IST

Selama tiga bulan, pihak perusahaan dan masyarakat telah menanam, merawat bibit tanaman sayur dan buah serta dengan disiplin memperhatikan pertumbuhannya secara berkala hingga memasuki masa panen.

Pada kegiatan panen perdana ini, pihak perusahaan dan sekolah menuai hasil panen berupa buah timun. Hasil panen tersebut sebagian diserahkan kepada  Sekolah SMKN 4 Boven
Digoel dan sebagian lagi dijual kepada karyawan perusahaan. Dimana hasil penjualan tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli bibit untuk ditanam kembali, sehingga tercipta proses
berkebun yang berkelanjutan.

“Pada hari ini, kami sudah melakukan panen perdana bersama-sama di kebun percontohan camp 19 milik TSE Group. Pada penen ini, kita sudah mendapatkan buah timun dengan berat total 35 kg,” ujar Bambang Sulistiyo,  Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Boven Digoel.

Timun yang dipanen di kebun percontphan masyarakat milik TSE Group – Surya Papua/IST
Timun yang dipanen di kebun percontphan masyarakat milik TSE Group – Surya Papua/IST

Bambang juga berharap kedepannya dapat bekerja sama untuk mengembangkan produk-produk sayuran yang lainnya.

Kegiatan panen perdana ini menjadi momentum penting yang dapat mengedukasi masyarakat dan pihak sekolah bahwa dengan bekerjasama dapat mewujudkan ekonomi masyarakat Papua yang mandiri melalui kegiatan berkebun.

“Kegiatan ini merupakan bentuk edukasi kepada sekolah SMK maupun masyarakat yang dapat memberikan dampak positif. Kami sangat mengharapkan keterlibatan masyarakat karena ini bisa
memberikan kontribusi dari hasil budidaya tanaman sayur,” ujar Hasanuddin, Asisten Manager Humas PPA MGT Asiki.

Penulis : Besse

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *