Masyarakat Kanume Diingatkan Sekolahkan Anak, Romanus Mbaraka: ‘Betul Tanpa Sekolah bisa Hidup, Tapi Tanpa Sekolah Tak Bisa Rubah Hidup’

Pemerintahan80 views

Merauke, Suryapapua.com–  Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengingatkan kepada masyarakat Kanume  untuk menyekolahkan anaknya. Karena dunia sekarang semakin maju dengan berbagai perkembangan teknologi.

Permintaan itu disampaikan Bupati Mbaraka saat melounching kampung wisata  rintisan di PLBN Sota Kamis (22/6) yang dihadiri ratusan masyarakat empat kampung yakni Kampung Wasur, Yanggandur, Rawa Biru serta Sota.

“Saya minta orangtua harus sekolahkan anak, tanpa sekolah kita tak bisa maju,” ungkapnya.

“Pernah om saya bilang, Romanus kita tidak sekolah juga bisa hidup kok? Lalu saya jawab memang betul, tanpa sekolah bisa hidup, tapi tanpa sekolah, tidak bisa merubah hidup. Itu perbedaanya,” jelas Bupati Mbaraka.

Ditegaskan, tanpa orang sekolah, bisa pikul busur masuk hutan untuk memanah binatang. Lalu boleh hidup tanpa harus sekolah juga. Tetapi tidak bisa mengola dan atau mengurus secata baik hasil buruan yang didapatkan.

“Kenapa,  karena ketika akan dijual, tak bisa mengenal mata uang secara baik dan benar, karena bisa ditipu,” tegasnya.

Jadi, lanjut Bupati Mbaraka, hanya dengan sekolah anda bisa tahu daging ini tak bisa dijual atau mengalami kelebihan yang dapat diolah menjadi  dendeng dan lain-lain.

Penulis : Frans Kobun

Editor   : Frans Kobun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *